Lewis Hamilton Sadar Harus Ambil Risiko Jika Ingin Menang Lagi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 23 Jul 2021, 00:45 WIB
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Eks Pebalap F1, Juan Pablo Montoya menilai Lewis Hamilton menyadari jika dirinya bakal kesulitan kembali merebut kemenangan di tiap balapan jika tak mengambil risiko.

Insiden senggolan yang melibatkan Lewis Hamilton dan Max Verstappen di GP Inggris akhir pekan lalu menimbulkan berbagai pro dan kontra dari banyak pihak. Salah satunya datang dari Legenda F1, Juan Pablo Montoya. Ia menilai insiden Hamilton- Verstappen merupakan kecelakaan balap biasa.

"Secara peribadi, itu lebih seperti kecelakaan balap bagi saya. Lewis sedikit di belakang, namun dia berbelok terlalu cepat, menyebabkan mobilnya understeer dan melebar. Namun saya pikir Max juga tidak memberikannya cukup ruang," kata Montoya dilansir dari Motorsport.com.

"Max adalah pebalap yang agresif dan kita biasanya melihat sejauh ini bahwa dia selalu yang menyerang sementara Mercedes adalah mobil yang lebih cepat. Sekarang, situasinya berbalik,” ia mengungkapkan

Montoya menjelaskan bahwa ketika Hamilton ingin menyalip, ia sudah ada di sebelah Verstappen, tetapi kemudian mundur sedikit karena melepas kakinya dari gas sehingga dapat berbelok dengan baik. Sementara itu, Verstappen nampak melakukan gaya balap yang agresif.

Pebalap asal Belanda itu hanya memberikan sedikit ruang kepada Hamilton sehingga ia akan keluar dari tikungan lebih dahulu ketimbang rival utamanya tersebut.

Montoya juga menyebutkan jika situasi saat ini telah berbalik jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Sekarang Lewis Hamilton diharuskan mengambil lebih banyak risiko untuk mengalahkan Verstappen, sesuatu yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

"Sekarang Max punya mobil yang lebih cepat, dia memenangi balapan dan mendapat banyak poin. Dan Lewis harus mengambil risiko karena jika tidak, dia tak akan bisa menjadi juara. Bagi saya ini menarik," tutur Montoya.

"Sangat bagus untuk melihat bagaimana orang-orang bereaksi terhadap itu. Dalam beberapa hal, (drama) ini bagus untuk F1 karena sekarang semua orang membicarakannya,” imbuhnya.

Menurut Montoya, mencermati sikap pihak-pihak terkait pasca-insiden antara Verstappen dengan Hamilton merupakan suatu hal yang menarik. Max Verstappen pun diprediksi akan mengambil strategi balap berbeda.

"Max tidak dalam posisi untuk memperhatikan poin sebelumnya. Dia adalah orang yang memanfaatkan peluang dan berusaha mendapatkan kemenangan. Hal penting dalam persaingan gelar adalah konsisten finis dan meraih poin, baik sebagai pemenang atau runner-up," ucap Montoya.

"Dia seharusnya bisa menyelesaikan balapan di Silvertone dan berada di urutan kedua. Namun dia terlalu ambisius ingin menang dan akibatnya kehilangan banyak poin karena itu. Sementara Lewis memperlihatkan kesediaannya untuk mengambil risiko demi gelar,” tukasnya.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, Max Verstappen, F1 2021, GP Inggris

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/lewis-hamilton-sadar-harus-ambil-risiko-jika-ingin-menang-lagi
623  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini