Lewis Hamilton Nilai Upgrade Mercedes Belum Bisa Tandingi Red Bull

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 06 Jul 2021, 14:45 WIB
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Lewis Hamilton menilai upgrade mobil yang dilakukan Mercedes belum bisa menandingi Red Bull, bahkan ia pesimistis dengan penampilan di GP Inggris mendatang.

Untuk kali pertama sejak musim 2016, Lewis Hamilton tak mampu merebut kemenangan hingga lima seri balapan secara beruntun. Ia terakhir kali merengkuh podium utama di GP Spanyol pada bulan Mei Lalu. Pada balapan terakhir, GP Austria, pebalap Mercedes itu hanya mampu finis keempat.

Hamilton hanya bisa melihat rival utamanya, Max Verstappen memenangkan balapan ketiganya secara beruntun atau yang kelima dari sembilan balapan yang sudah digelar di F1 2021.

Memang, hasil finis pebalap asal Inggris itu tak lepas dari kerusakan pada bagian belakang kiri mobil Mercedes W12 miliknya di paruh kedua balapan. Ia gagal menandingi rekan setimnya, Valtteri Bottas yang mengklaim podium kedua. Sementara itu urutan ketiga diisi oleh pebalap McLaren, Lando Norris.

Melihat performa buruknya tersebut, Hamilton tampak kurang memiliki kepercayaan diri untuk menghadapi balapan berikutnya.

Penampilannya memang tak jauh berbeda dengan balapan sebelumnya yang juga berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, GP Styria. Padahal usai balapan tersebut, ia langsung meminta Mercedes untuk segera melakukan upgrade mobil.

“Kami sudah tertinggal terlalu jauh (dari Red Bull). Jadi, banyak yang harus kami kerjakan meskipun saya tahu para teknisi dan mekanik sudah bekerja keras sebelumnya,” kata Hamilton dilansir dari Motorsport.com.

“Sangat jelas, dalam beberapa balapan terakhir mereka berhasil melakukan peningkatan pada mobil di banyak area sementara kami tidak. Jika kami tidak segera melakukan peningkatan performa, hasil seperti ini akan terus terjadi,” juara dunia tujuh kali itu menambahkan.

Dua pekan ke depan, Lewis Hamilton akan mengaspal di balapan kandangnya, GP Inggris, yang digelar di Sirkuit Silverstone. Saat disinggung apakah dengan upgrade yang bakal dibawa Mercedes untuk GP Inggris, 16-18 Juli nanti, dapat menandingi kecepatan Red Bull, ia memberikan jawaban yang kurang meyakinkan.

“Saya rasa upgrade yang dilakukan tidak akan mampu mengejar kecepatan mereka,” tuturnya.

Pebalap berusia 36 tahun itu juga masih belum menemukan penyebab bagian kiri belakang lantai mobilnya rusak. Kehilangan gaya tekan (downforce) akhirnya membuat Hamilton harus puas hanya finis di P4.

“Saya sudah katakan sebelum balapan, pasti akan sangat sulit mengalahkan Max. Tetapi, saya menjadi lebih frustrasi karena masalah pada bagian mobil. Kami kehilangan banyak poin hari ini,” ungkap Hamilton.

Yang harus dipikirkan Hamilton saat ini adalah cara untuk memangkas gap yang cukup lebar dengan Verstappen di klasemen sementara pebalap F1 2021, yakni terpaut hingga 32 poin. Namun masih terdapat 14 balapan lagi yang bisa menjadi kesempatan untuk memperbaiki performanya.

“Jalan masih panjang. Tetapi, kami memang tidak mampu menandingi mereka untuk saat ini. Benar kami akan melakukan yang terbaik. Tetapi itu akan berat,” jelasnya.

Di GP Inggris nanti, untuk kali pertama pula sesi Sprint Qualifying bakal dicoba. Hamilton diharapkan mampu memanfaatkan situasi tersebut untuk mengejar ketertinggalannya dari Red Bull.

Artikel Tag: Mercedes, Red Bull Racing, Lewis Hamilton, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/lewis-hamilton-nilai-upgrade-mercedes-belum-bisa-tandingi-red-bull
379  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini