Lewis Hamilton Berharap Tak Ada Steward yang Memihak Pada Tim Tertentu

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 25 Feb 2022, 12:20 WIB
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Berkaca dari F1 2021, Lewis Hamilton meminta FIA untuk memastikan agar Formula 1 mempekerjakan Steward yang tak memihak atau menyukai tim tertentu.

Kepemimpinan Steward tengah menjadi perbincangan banyak pihak selama beberapa bulan terakhir usai GP Abu Dhabi 2021 yang berakhir kontroversial. Direktur Balap FIA F1, Michael Masi, akhirnya dicopot dari jabatannya.

Sebagai penggantinya, FIA mengangkat Eduardo Freitas dan Niels Wittich yang bakal berbagi peran. Sementara itu, eks Wakil Direktur Balap, Herbie Blash, ditunjuk untuk menduduki posisi sebagai penasihat senior.

Sebelum pergantian tersebut, terdapat sejumlah kebingungan yang melanda para pebalap Formula 1, terutama soal hal-hal yang diperbolehkan dalam pertarungan wheel-to-wheel. Steward pun dituding tidak konsisten saat menjatuhkan hukuman penalti.

“Kami perlu memastikan bahwa kami memiliki Steward yang tidak bias,” kata Lewis Hamilton dikutip dari Motorsport.com.

“Pebalap, ada yang berteman sangat, sangat baik dengan individu tertentu. Beberapa bepergian dengan individu tertentu, dan cenderung lebih menyukai beberapa dari mereka,” imbuhnya.

“Saya hanya berpikir (kami membutuhkan) orang-orang yang tidak bias dan sangat sentral ketika membuat keputusan,” ia melanjutkan.

Pria berusia 37 tahun itu juga menyoroti perlunya keberagaman yang lebih besar di antara para Steward FIA. Pada setiap balapan, biasanya ada empat orang yang bekerja dengan race control untuk menilai insiden dan memutuskan untuk menjatuhkan penalti.

“Saya ingin melihat lebih banyak wanita di ruang Steward,” ucap kampiun F1 tujuh kali tersebut.

“Saya tidak berpikir kami memiliki banyak. Saya pikir tahun lalu mungkin satu atau dua. Dan menurut saya akan luar biasa bagi mereka untuk memiliki pria dan wanita sebagai dua Race Director,” jelasnya.

“Saya kira itu cara yang bagus untuk mempromosikan keberagaman juga.”

Tahun lalu, Fernando Alonso sempat mengklaim bahwa terdapat aturan berbeda untuk setiap pebalap. Pria asal Spanyol itu bahkan menyebut faktor kewarganegaraan ikut menentukan hukuman yang bakal diterima oleh seorang driver.

Namun komentar Alonso langsung disangkal oleh Michael Masi. Ia menegaskan bahwa regulasi berlaku sama untuk semua pebalap.

Ketidakpastian atas aturan mencapai puncaknya ketika gelaran GP Brasil 2021 dan GP Arab Saudi 2021, menyusul persaingan sengit antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen. Hal tersebut kemudian mengarah kepada pembicaraan antara pebalap dengan FIA.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, Mercedes, F1 2022, FIA

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/lewis-hamilton-berharap-tak-ada-steward-yang-memihak-pada-tim-tertentu
455  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini