Lewis Hamilton Angkat Bicara Soal Penambahan Bobot Mobil F1

Penulis: Viggo Tristan
Minggu 13 Jun 2021, 20:15 WIB
Lewis Hamilton keluhkan penambahan bobot pada mobil F1.

Lewis Hamilton keluhkan mobil F1 yang bertambah bobotnya. (Gambar: Sky Sports)

Ligaolahraga.com -

Berita F1 : Pebalap Mercedes AMG yaitu Lewis Hamilton angkat bicara soal penambahan bobot mobil F1 yang makin berat tiap tahunnya. Hal tersebut mempersulit pebalap untuk bisa tampil dengan optimal di atas lintasan balap.

Jika melihat rekam jejak di masa lalu, mobil yang dipakai oleh para pebalap tergolong cukup ringan. Pada era tahun 2006, mobil Formula One hanya memiliki berat sekitar 640 kg. Angka ini bertambah menjadi 700 kg di tahun 2016, kemudian bertambah lagi jadi 750 kg di tahun 2021. Tidak berhenti sampai situ saja, musim depan pihak penyelenggara menetapkan aturan baru bahwa setiap tim harus memiliki bobot mobil minimal 790 kg. Hal ini dilakukan dengan harapan zero emisi di tahun 2030 bisa terwujud.

Meski maksudnya positif dan baik, tetapi Hamilton sebagai pebalap mengeluhkan penambahan berat itu. Sebab, berat mobil yang semakin bertambah tentunya berpengaruh terhadap kecepatan pebalap.

"Saya masih bingung mengapa mobil terus makin berat ketika F1 juga membicarakan tentang olahraga berkelanjutan. Dengan mobil yang makin berat maka energi yang digunakan makin banyak. Jadi, rasanya berjalan di arah yang salah atau dalam hal prosesnya (mencapai olahraga berkelanjutan)," ucap Lewis Hamilton.

"Mobil kami terus memberat dan energi yang dikeluarkan pun makin banyak, mulai dari pengereman hingga bahan bakar. Entahlah, saya tidak paham sama sekali," pungkas rekan setim dari Valtteri Bottas ini.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, f1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/lewis-hamilton-angkat-bicara-soal-penambahan-bobot-mobil-f1
610  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini