Leclerc Dipastikan Pole Position usai Catatan Waktu Verstappen Dibatalkan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 27 Okt 2019, 22:33 WIB
Leclerc Dipastikan Pole Position usai Catatan Waktu Verstappen Dibatalkan

Pole position Verstappen terpaksa dibatalakan oleh FIA, GP Meksiko 2019.

Berita F1: Max Verstappen harus menerima kenyataan gagal meraih pole position lantaran stewards membatalkan hasil kualifikasi Formula 1 GP Meksiko 2019 dan memberikan hadiah penalti mundur tiga grid.

Max Verstappen sebenarnya sukses menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodrigues. Akan tetapi, ia dijatuhi hukuman mundur tiga posisi karena insiden di penghujung babak kualifikasi.

Saat iitu, mobil Mercedes W10 milik Valtteri Bottas terhenti di ujung tikungan terakhir karena mengalami kecelakaan. Marshall kemudian mengibarkan bendera kuning sebagai tanda agar para pebalap mengurangi kecepatannya ketika melintas di lokasi kecelakaan.

Namun, Verstappen ternyata mengabaikan peringatan tersebut. Ia sebenarnya tak dijatuhi hukuman, namun saat konferensi pers ia mengaku melihat mobil Valtteri Bottas yang menabrak pembatas, tetapi tidak melihat adanya kibasan bendera kuning. Atas dasar itulah lantas dijadikan bukti untuk menjatuhkan hukuman mundur tiga posisi untuknya.

“Pebalap bernomor mobil 33 mengakui melihat mobil menabrak pembatas dan berada di sisi kiri trek, tetapi tidak sadar adanya bendera kuning. Dia juga mengakui tidak mengurangi kecepatannya di sektor tersebut. Melihat semua bukti, steward menjatuhkan hukuman mundur tiga posisi start dan dua penalti poin,” bunyi pernyataan resmi pengawas balapan, dilansirdari Crash.

Dengan demikian, Charles Leclerc yang berada di posisi dua, berhak memulai balapan dari pole position pada balapan utama. Posisi kedua ditempati rekan setimnya di Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel. Sementara Verstappen, akan memulai lomba dari urutan empat di belakang Lewis Hamilton.

Artikel Tag: Max Verstappen, Charles Leclerc, f1 2019, gp meksiko

567  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini