Langgar Aturan Soal Bahan Bakar, Ferrari Dijatuhi Denda 50 Ribu Euro

Penulis: Viggo Tristan
Kamis 05 Des 2019, 08:49 WIB
Langgar Aturan Soal Bahan Bakar, Ferrari Dijatuhi Denda 50 Ribu Euro

Scuderia Ferrari terpaksa dijatuhi denda 50 ribu Euro usai langgar aturan soal bahan bakar.

Berita F1 : Kabar buruk menghampiri tim Scuderia Ferrari saat musim F1 2019 sudah resmi berakhir. Tim yang khas dengan warna merah tersebut dijatuhi hukuman denda 50 ribu Euro usai kedapatan membawa bahan bakar berlebih pada mobil Charles Leclerc di GP Abu Dhabi tersebut.

Pada setiap seri, pihak FIA memang akan melakukan pemeriksaan pada setiap mobil yang akan bertanding. Aturannya, setiap mobil diberi batasan konsumsi bahan bakar sebanyak 110 kg untuk setiap balapan. Sayangnya, mobil milik Leclec membawa bahan bakar dengan jumlah 4,88 kg lebih banyak dari aturan tersebut. Karena kelalaiannya ini, Ferrari kemudian diharuskan membayar denda yang cukup mahal atau setara dengan 780 juta rupiah.

Mattia Binotto selaku prinsipal tim mengaku bingung bagaimana kejadian ini bisa terjadi. Padahal, pihaknya sudah dengan rajin memeriksa kadar bahan bakar pada setiap mobil yang dikendarai kedua pebalapnya.

“Anda diberi batasan konsumsi bahan bakar 110 kg setiap balapan yang bisa diukur dari meteran di mobil atau melihat injektor atau ketika menimbang berat mobil. Setiap tim diwajibkan menimbang mobil di awal dan akhir balapan,” ucap Binotto.

“Dari situ bisa terlihat berapa banyak yang dikonsumsi, serta berapa jumlah yang ada di tangki saat memulai balapan. FIA terkadang mengecek mobil meski sudah diberi tahu meski dengan persetujuan. Itu adalah prosedur yang sering kami lakukan dan bukan pertama kalinya musim ini. Sepertinya kami sudah mengecek paling tidak 10 kali sepanjang musim ini,” tukasnya.

Artikel Tag: Formula One 2019, Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, Mattia Binotto

458  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini