Langgar Aturan, Lando Norris Dipenalti Turun 3 Posisi

Penulis: Viggo Tristan
Sabtu 05 Jun 2021, 22:51 WIB
Lando Norris dihukum turun tiga posisi usai lalai jalani prosedur red flag.

Lando Norris turun tiga posisi usai lakukan kesalahan di sesi kualifikasi GP Azerbaijan.

Berita F1 : Pebalap McLaren yaitu Lando Norris harus menerima kenyataan pahit di sesi kualifikasi GP Azerbaijan, Sabtu (5/6) waktu setempat. Ia dihukum untuk turun tiga posisi karena terlambat masuk pit ketika red flag dikibarkan.

Seperti yang diketahui, Antonio Giovinazzi dari tim Alfa Romeo mengalami kecelakaan di putaran ke 15. Akibat kecelakaan itu, bendera merah dikibarkan dan sesi harus dihentikan sesegera mungkin. Menurut aturan, semua pebalap harus segera memasuki pitlane dan meninggakan area lintasan. Sayangnya, Lando Norris lalai dalam memperhatikan aturan itu. Ia terlambat masuk pit dan harus membayar mahal kesalahannya.

Steward menjatuhi hukuman turun tiga posisi start bagi rekan setim Daniel Ricciardo di skuat McLaren tersebut. Norris sejatinya berhasil merebut posisi start keenam, akan tetapi penalti tersebut membuatnya ia turun hingga posisi sembilan.

Melihat tayangan ulang yang berhasil direkam, Norris memang kebingungan dan sempat bertanya kepada kru tim melalui radio. Jawaban kru tim juga sedikit membingungkan sehingga Norris terlambat untuk masuk pit. Miskomunikasi tersebut kini membuahkan Norris hukuman penalti yang berpotensi merusak peluangnya tampil apik besok.

Steward F1 sendiri mengatakan bahwa hukuman turun tiga posisi itu sejatinya masih ringan. Umumnya, kesalahan seperti itu akan dijatuhi hukuman turun lima posisi. Namun mengingat Norris tidak punya waktu untuk bereaksi, hukuman tiga posisi dinilai yang paling bijak.

Artikel Tag: lando norris, McLaren, f1

495  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini