Kubica Siap Cari Ajang Balap Lain Jika Tak Dapat Tim Musim Depan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 14 Sep 2018, 23:25 WIB
Kubica Siap Cari Ajang Balap Lain Jika Tak Dapat Tim Musim Depan

Robert Kubica

Berita F1: Setelah musim ini gagal mendapat kursi balap di tim Williams, Robert Kubica mengaku siap mencari alternatif ajang balap lain jika ia kembali gagal mendapat tempat utama di Formula 1 2019.

Robert Kubica saat ini hanya menyandang status pebalap cadangan dan pengembangan tim Williams usai kalah bersaing dari Sergey Sirotkin. Pemenang GP Kanada 2008 itu mengaku ada kemungkinan ia akan menghentikan ambisinya kembali berlaga di F1 jika ia tak berhasil mendapat kesempatan membalap semusim penuh di ajang Formula 1 tahun depan.

"Saya telah menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk mendapat kesempatan itu. Prioritas saya adalah untuk berada di starting grid GP Australia," ujar Kubica.

"Tapi jika itu tak terjadi, saya akan mempertimbangkan kompetisi lain, atau peran yang berbeda. Untuk sekarang, saya masih fokus mendapat kesempatan [membalap di F1]."

Kubica sempat mengalami cedera serius setelah kecelakaan parah di ajang mobil reli pada 2011, kendati demikian ia beberapa kali mengatakan bahwa ia tidak pernah ragu dengan kemampuannya berkompetisi di F1 meski akan membutuhkan waktu untuk kembali mendapatkan ritmenya.

"Ketika Anda sudah lama tidak melakukannya, atau hanya melakukannya setiap tiga bulan sekali seperti yang saya alami, maka sudah menjadi hal yang lumrah kita harus melewati sejumlah fase sebelum bisa mendapat ritme.”

"Jika mendapat kesempatan membalap musim ini saya akan mendapat waktu lebih banyak di mobil dan saya tidak akan mempertanyakan kemampuan saya."

Sebelumnya, Kubica nyaris berlaga di World Endurance Championship musim ini di kelas LMP1. Ia menilai WEC tetap menjadi opsi jika F1 sudah tidak lagi memungkinkan.

"Kategorinya berbeda dan tipe balapannya pun juga berbeda. Mungkin itu bisa jadi tantangan bagus," tutupnya.

Artikel Tag: williams, F1 2018, f1 2019, robert kubica

757