Kompetisi F1 Berhenti, Bos McLaren Khawatir Ada Tim yang Terancam Bangkrut

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 06 Apr 2020, 15:50 WIB
Kompetisi F1 Berhenti, Bos McLaren Khawatir Ada Tim yang Terancam Bangkrut

Carlos Sainz jr, McLaren F1.

Berita F1: Bos McLaren, Zak Brown, mencemaskan soal kompetisi Formula 1 yang mandek total. Ia khawatir hal ini bisa berpotensi jadi ancaman besar bagi semua tim, terlebih bisa membuat tim bangkrut.

Musim Formula 1 2020 kini sementara harus dihentikan hingga waktu yang belum ditentukan. Hal ini lantaran merebaknya pandemi Covid-19 di seluruh penjuru dunia.

Bahkan dari 22 jadwal pertandingan yang telah dipersiapkan, setidaknya delapan seri telah dibatalkan atau ditunda karena COVID-19. F1 sendiri berkomitmen akan terus mencari jadwal baru dalam menyelenggarakan balapan.

Namun, Brown mengkhawatirkan jika situasi ini terus berlanjut bisa membuat F1 akan kehilangan beberapa tim yang ikut berpartisipasi.

"Jika kita tidak mengangani situasi yang terjadi pada dunia saat ini dengan agresif, maka setidaknya dua akan hilang. Saya melihat setidaknya empat tim akan menghilang jika kondisi ini tidak ditangani dengan benar," tutur Brown kepada BBC.

Pandemi virus corona ini juga dinilai membuat seluruh tim saat ini tidak berdaya menghadapi krisis yang terjadi dan ini akan berpotensi menyeret F1.

"Jadi saya pikir F1 adalah dalam keadaan yang sangat rapuh saat ini."

Dalam situasi yang terjadi, Brown mengatakan seluruh tim telah sepakat menurunkan anggarannya tahun ini menjadi $150 juta dari anggaran awal sebesar $175 juta. Menurut Brown, angka itu masih bisa turun lebih jauh lagi karena akan dibahas dalam pertemuan lanjutan dengan seluruh tim.

Pengurangan anggaran tersebut dilakukan agar setiap tim tidak mengalami kejatuhan finansial dalam menghadapi musim baru. McLaren menjadi tim pertama yang meliburkan sementara staf mereka, termasuk pebalap mereka Lando Noris dan Carlos Sainz yang juga harus menerima pemotongan gaji.

Artikel Tag: McLaren, f1 2020

453  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini