Keputusan FIA Soal GP Abu Dhabi 2021 Pengaruhi Karier Lewis Hamilton

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 12 Jan 2022, 11:10 WIB
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Hasil investasi yang dilakukan FIA di gelaran GP Abu Dhabi 2021 disebut-sebut telah berdampak besar pada kelanjutan karier Lewis Hamilton di ajang Formula 1.

Keputusan yang dibuat oleh FIA soal kontroversi di seri GP Abu Dhabi 2021 pada 12 Desember lalu dinilai sangat erat kaitannya dengan masa depan Lewis Hamilton. Setelah gelaran tersebut, Hamilton seakan menghilang dari hadapan publik, yang diduga sebagai bentuk kekecewaannya atas hasil balapan.

Pebalap asal Inggris tersebut kehilangan harapannya untuk menyabet gelar kedelapannya setelah Direktur Balap F1 FIA, Michael Masi, membuat keputusan kontroversial jelang akhir perlombaan GP Abu Dhabi.

Saat Nicholas Latifi mengalami kecelakaan di Tikungan 14 sehingga memunculkan periode Safety Car, Hamilton memilih bertahan dengan memakai ban keras (hard). Sementara rival utamanya, Max Verstappen, memilih mengganti ban mobilnya dengan yang lunak.  

Ketika kembali ke lintasan, Verstappen berada di belakang beberapa pebalap yang sudah di-overlap. Pada lap ke-57 atau satu lap sebelum finis, Masi tiba-tiba mengizinkan mobil-mobil yang telah di-overlap tersebut untuk melewati Hamilton. Setelah itu, bendera hijau dikibarkan.

Max Verstappen yang memakai ban lebih segar akhirnya menyalip Hamilton pada lap terakhir. Pebalap asal Belanda itu pun memenangkan GP Abu Dhabi sekaligus memastikan dirinya sebagai kampiun F1 2021.

Prinsipal Mercedes, Toto Wolff, sangat marah karena menilai Masi telah melakukan keputusan yang salah. Usai balapan, pabrikan asal Jerman itu pun mengajukan protes hingga dua kali, namun ditolak oleh Steward FIA. The Silver Arrows kemudian mengaku siap mengajukan banding.

Namun, Mercedes akhirnya menarik banding tersebut karena tiga hari setelah balapan di Yas Marina, FIA siap untuk melakukan investigasi. Saat itu mereka berjanji akan menganalisis dengan detail menngenai apa yang terjadi di GP Abu Dhabi.

Hasil temuan FIA tersebut dipercaya bakal sangat penting untuk menentukan masa depan Lewis Hamilton di Formula 1, karena hingga saat ini terlihat sangat meragukan.

Sebelumnya Wolff mengungkapkan bahwa dirinya berharap Hamilton akan kembali ke grid. Meskipun pria asal Austria itu juga ragu karena melihat pebalapnya tersebut sangat terpukul dengan situasi yang terjadi di GP Abu Dhabi.

Sebagai informasi, kejuaraan F1 2022 akan dimulai pada 18 Maret mendatang yang dibuka dengan sesi latihan bebas GP Bahrain. Tetapi, tes pramusim perdana dijadwalkan akan digelar pada akhir bulan Februari. Sebelum jadwal-jadwal itu dilaksanakan, seharusnya semua pihak yang terkait sudah bisa memastikan soal kelanjutan karier Hamilton.

Artikel Tag: FIA, Lewis Hamilton, Mercedes, F1 2022, gp abu dhabi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/keputusan-fia-soal-gp-abu-dhabi-2021-pengaruhi-karier-lewis-hamilton
389  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini