Keputusan Alpine Promosikan Oscar Piastri Dinilai Terlalu Berani

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 03 Agu 2022, 10:30 WIB
Oscar Piastri

Oscar Piastri

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Eks pebalap jet darat, Ralf Schumacher, melihat keputusan Alpine memboyong Oscar Piastri, seorang pebalap debutan, sebagai pilihan yang kurang tepat.

Pada Selasa (2/8) malam, penggemar Formula 1 dikejutkan dengan keputusan Alpine menunjuk Oscar Piastri sebagai pengganti Fernando Alonso mulai musim 2023. Seperti diketahui, juara dunia F1 dua kali itu memutuskan hengkang ke Aston Martin. Kepindahan sang pebalap merupakan buntut dari mundurnya Sebastian Vettel yang akan pensiun di penghujung tahun ini.

Alpine pun langsung bergerak cepat dengan mempromosikan Piastri dari posisi pebalap cadangan, menjadi pebalap utama. Menariknya, hanya selang beberapa jam setelah tim merilis pengumuman resmi soal promosi sang pebalap, pemuda asal Australia tersebut justru mengeluarkan pernyataan sebaliknya.

Lewat akun Twitter pribadinya, Oscar Piastri menegaskan bila dirinya belum dihubungi oleh Alpine terkait promosi. Ia mengaku belum meneken kontrak dengan pabrikan asal Prancis itu.

Entah apa yang sebenarnya terjadi di balik klaim tim maupun Piastri ini. Yang pasti, dalam beberapa pekan terakhir namanya kerap dihubung-hubungkan dengan Williams dan McLaren.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada pernyataan lagi baik dari Alpine maupun Piastri. Namun, klaim tim bahwa mereka telah mempromosikan Piastri ini menjadi perhatian Ralf Schumacher.

Eks pebalap jet darat itu menjelaskan bila skenario mempromosikan Piastri ini tidak akan menguntungkan Alpine. Ia justru menyarankan tim yang sebelumnya bernama Renault itu merekrut pebalap yang jauh lebih berpengalaman.

Schumacher lantas menjelaskan detail apa yang melatarbelakangi keputusan Alpine langsung menunjuk Oscar Piastri karena terkesan buru-buru.

“Tekanan terhadap tim meningkat,” katanya dikutip dari Motorsport.com.

“Di sini kita bicara tentang sebuah pabrikan yang sudah berinvestasi uang sangat banyak di Formula 1 selama bertahun-tahun, tetapi belum juga cukup sukses,” ia mengimbuhkan.

“Bergantung kepada seorang rookie muda untuk ajang sekelas Formula 1 menjadi sebuah risiko yang terlalu besar,” tutup Schumacher.

Artikel Tag: Oscar Piastri, Alpine, F1 2022, Fernando Alonso

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/keputusan-alpine-promosikan-oscar-piastri-dinilai-terlalu-berani
801  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini