Kecelakaan Saat Latihan, Sainz Berhasil Raih P6 di Kualifikasi GP Belanda

Penulis: Ezi Yulia
Minggu 05 Sep 2021, 15:30 WIB
Carlos Sainz

Carlos Sainz (Foto: formula1.com)

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Carlos Sainz mengungkapkan bahwa ia layak mendapatkan kecelakaan pada latihan bebas terakhir GP Belanda setelah melakukan kesalahan dengan keluar dari jalur normal sekitar 20 sentimeter. Mobilnya mengalami kerusakan cukup parah dan sedikit telat kembali ke pit.

Pebalap Ferrari dengan mobil bernomor 55 ini pada akhirnya bisa mengikuti kualifikasi dan berhasil meraih P6, tepat di belakang rekan setimnya Charles Leclerc.

"Pada awalnya saya tidak mengetahui apa yang telah terjadi. Kemudian saya mencoba sedikit menganalisa, menenangkan pikiran dan setelah apa yang saya lihat di saat kualifikasi, cukup jelas bahwa beberapa sentimeter di luar jalur terdapat sedikit grip dibanding di dalam, terdapat pasir," ungkap Sainz.

"Dan saya keluar sekitar 20 sentimeter, dan seperti apa yang anda dan saya lihat mungkin saya sedikit menerbangkan debu, yang saya rasa cukup untuk menyebabkan terjadinya kecelakaan di sirkuit," lanjutnya.

Sainz juga menekankan bahwa kecelakaan yang dialami oleh George Russell dan Nicholas Latifi pada kualifikasi GP Belanda ini menjadi bukti bahwa Zandvoort adalah sirkuit yang menantang.

"Setelah Monako dan Baku, saya rasa sirkuit ini adalah tantangan besar bagi pebalap. Saya menyukainya. Bahkan saya merasa pantas mengalami kecelakaan akibat keluar jalur 20 sentimeter, karena begini lah sirkuit seharusnya. Dan nilai yang harus kita bayar ketika melakukan kesalahan adalah bagaimana F1 seharusnya, bagaimana kita menginginkan sirkuit di masa depan, tidak seperti sirkuit 10 tahun lalu, itu tidak menguntungkan," jelasnya.

Berkat kerja cepat dari tim mekanis Ferrari, pebalap asal Spanyol ini akhirnya bisa mengikuti kualifikasi.

"Masih meragukan (apakah bisa ikut kualifikasi) sampai saya akhirnya bisa keluar dari pit. Biasanya ketika dalam situasi seperti itu, pikiran Anda cenderung negatif, karena Anda baru saja mengalami kecelakaan, dan Anda berpikir tidak akan bisa lanjut. Namun tiba- tiba mekanis berhasil membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, dan Anda pun bisa lanjut. Benar itu adalah momen dengan tekanan tinggi bagi setiap orang dan Anda perlu kembali fokus, Anda perlu memastikan hal tersebut tidak terulang kembali dan bisa menyelesaikan kualifikasi. Dan itu rumit," pungkasnya.

Artikel Tag: Carlos Sainz, gp belanda, Ferrari

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/kecelakaan-saat-latihan-sainz-berhasil-raih-p6-di-kualifikasi-gp-belanda
249  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini