Kecelakaan Guanyu Zhou di Silverstone Bikin Sainz Merasa Ngeri

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 06 Jul 2022, 16:00 WIB
Guanyu Zhou

Mobil Guanyu Zhou usai kecelakaan di start balapan GP Inggris

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Carlos Sainz mengaku seperti merasakan sendiri kecelakaan mengerikan yang menimpa pebalap Alfa Romeo, Guanyu Zhou, di start balapan GP Inggris akhir pekan lalu.

Kecelakaan horor terjadi di awal balapan GP Inggris akhir pekan lalu. Insiden itu melibatkan Pierre Gasly, George Russell, dan Guanyu Zhou. Namun Zhou menjadi pebalap yang mengalami dampak paling serius.

Setelah dihantam mobil Russell, mobil rookie Alfa Romeo itu terbalik dan terseret hingga gravel sebelum terbang melewati dinding pembatas lintasan. Ia pun langsung mendapatkan perawatan dari petugas medis di sirkuit.

Beruntung, perangkat Halo pada jet darat C42 andalannya menyelamatkan Zhou dari cedera serius, bahkan pemuda asal Cina itu terlihat baik-baik saja setelah menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Sang pemenang GP Inggris, Carlos Sainz, yang melihat tayangan ulang kecelakaan yang dialami Zhou di ruang pendinginan sebelum podium, mengaku seperti merasakan sendiri seberapa besar dampak insiden tersebut.

“Saya mengambil keputusan untuk tidak melihat kecelakaan itu,” kata Sainz dilansir dari Motorsport.com.

“Ketika bendera merah (red flag) dikibarkan, saya tahu pasti ada kecelakaan besar yang membuat itu keluar. Tapi saya tidak melihat apa yang terjadi di televisi,” ia mengimbuhkan.

“Jelas, saya sangat senang melihat Zhou keluar dari mobil tanpa masalah besar, tetapi kemudian ketika saya melihat tayangan ulang di podium, saya benar-benar terkejut. Sungguh besar kecelakaan itu dan mengejutkan dia keluar dengan selamat dari itu,” lanjut pria asal Spanyol itu.

Nyawa Guanyu Zhou yang terselamatkan usai kecelakaan besar di Silverstone membuat Sainz memuji kerja keras FIA dalam meningkatkan keamanan mobil Formula 1. Menurutnya, keselamatan para pebalap harus ditempatkan di atas segalanya.

“Saya hanya merasa terkejut Anda bisa keluar dari kecelakaan itu. Kami terkadang mengkritik FIA, tetapi dalam kasus ini Anda harus berterima kasih kepada mereka atas seberapa besar mereka telah membantu kami,” ia menuturkan.

“Jika Anda melihat kecelakaan yang melibatkan Roy Nissany di F2, apa yang dilakukan Halo, mungkin itu telah menyelamatkan dua nyawa. Jadi kami perlu memberikan apresiasi kepada mereka, atas pekerjaan luar biasa yang mereka lakukan untuk keselamatan,” tutupnya.

Artikel Tag: Guanyu Zhou, Carlos Sainz, F1 2022, GP Inggris

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/kecelakaan-guanyu-zhou-di-silverstone-bikin-sainz-merasa-ngeri
667  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini