Jean Todt Ingin Mencabut Hak Veto Ferrari

Penulis: Jonathan Febrian
Kamis 15 Mar 2018, 21:00 WIB
Jean Todt Ingin Mencabut Hak Veto Ferrari

Jean Todt

Ligaolahraga.com -

Berita Formula 1 : Jean Todt, selaku Presiden FIA memiliki keinginan untuk mencabut hak veto yang dimiliki oleh tim pabrikan asal Italia, Ferrari untuk memperlancar pembahasan mengenai regulasi dan tata tertib Formula 1 untuk di masa yang akan datang.

Tim pabrikan asal Italia, Ferrari, sejak lama sudah memiliki hak untuk dapat membatalkan atas rancangan regulasi Formula 1 yang tidak menguntungkan bagi Ferrari. Namun hal tersebut masih dipertimbangkan oleh Liberty Media selaku pemilik Formula 1 untuk musim 2021 dan seterusnya.

Todt yang juga seorang mantan prinsipil tim Ferrari, mengatakan hak veto yang dimiliki Ferrari sejak tahun 1980 tidak lah lagi relevan dengan apa yang ada pada saat ini. 

"Hak veto tersebut sudah ada sejak era Enzo Ferrari, dan ia terisolasi di Maranello. Mereka saat itu menjadi satu-satunya tim yang menyuplai mesin dan sasis, sementara tim lain semuanya ditenagai mesin Ford."

"Jadi pada masa itu, ketika markas Ferrari jauh dari Sillicon Valley-nya pusatnya motorsport, mereka membutuhkan perlindungan. Itulah asal usul munculnya hak veto."

"Tapi untuk sekarang, secara pribadi saya tidak setuju. Zamannya sudah berganti."

Todt mengatakan juga pada saat Ferrari diberikan hak veto nya kembali, Todt adalah satu-satunya orang yang tidak setuju akan hal tersebut terkait dengan kesepakatan bilateral untuk periode tahun 2013 hingga tahun 2121 mendatng.

"Saya seorang diri yang menentangnya, hanya saya sendiri. Saya ingat itu terjadi saat pertemuan di Place de la Concorde, markas FIA di Paris. Pertemuan antara pemegang hak komersial. Semua tim hadir di sana," ungkap Todt.

"Dan saya menanyakan kepada mereka, bagaimana opini soal hak veto Ferrari? Mereka bilang 'tidak ada masalah buat kami'. Jadi tidak pantas jika saya seorang diri yang menentang hak veto Ferrari."

"Akhirnya kami hanya mengubah penulisannya. Itu hasilnya"

Saat ini Ferrari hanya dapat menggunakan hak veto nya untuk membatalkan regulasi yang terbukti merugikan Ferrari dari peraturan yang diajukan oleh regulator."

Artikel Tag: Jean Todt, FIA, Ferrari, Formula 1 2018

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/jean-todt-ingin-mencabut-hak-veto-ferrari
934  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini