Iseng Cek Mobil Hamilton, Max Verstappen Terancam Dijatuhi Hukuman

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 13 Nov 2021, 17:20 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Akibat keisengannya mengecek mobil sang rival, Lewis Hamilton, di Parc Fermen F1 GP Brasil, Max Verstappen harus menghadap steward untuk dimintai keterangan.

Pada sesi kualifikasi GP Brasil, Max Verstappen kalah 0,438 detik dari rival utamanya dalam perebutan titel juara, Lewis Hamilton. Hal tersebut lantas menimbulkan tanda tanya seputar legalitas sayap belakang mobil Mercedes.

Dalam video yang diambil oleh penonton yang hadir di Sirkuit Interlagos, terlihat kalau Verstappen menghampiri mobil W12 milik Hamilton dan menyentuh bagian sayapnya.

Aksi pebalap asal Belanda tersebut melanggar Pasal 2.5.1 dari Kode Olahraga Internasional FIA.

“Di dalam Parc Ferme, hanya petugas yang ditunjuk boleh masuk. Tidak ada operasi, pengecekan, penyetelan diizinkan kecuali oleh diperbolehkan oleh petugas yang sama atau regulasi yang berlaku.”

Kasus tersebut saat ini sedang diselidiki oleh steward. Setelah mereka mendapatkan bukti yang cukup, akan dilakukan dengar pendapat antara Verstappen dengan pihak steward pada hari Sabtu pukul 09.30 waktu setempat. Ia bakal mendapatkan sanksi jika ditemukan bukti yang memberatkannya.

Sementara itu, Lewis Hamilton juga terancam dijatuhi hukuman kalau terbukti melanggar aturan penggunaan DRS (Drag Reduction System) di sesi kualifikasi GP Brasil.

Pebalap Mercedes itu diketahui mendapatkan penalti penuruan grid sebanyak lima posisi di balapan utama karena pergantian ICE (internal combustion engine). Pembaruan komponen tersebut membuat mobil W12 mampu tampil cepat dan sukses membuat Verstappen kewalahan di hari pertama akhir pekan balap GP Brasil.

Artikel Tag: Max Verstappen, Lewis Hamilton, F1 2021, gp brasil

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/iseng-cek-mobil-hamilton-max-verstappen-terancam-dijatuhi-hukuman
347  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini