Inovasi Baru Mercedes Terancam Hanya Bisa Dipakai Setahun

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 22 Feb 2020, 23:35 WIB
Inovasi Baru Mercedes Terancam Hanya Bisa Dipakai Setahun

"DAS System" inovasi terbaru Mercedes di mobil F1 2020. (image: Motorsport.com)

Berita F1: Inovasi yang baru saja dikembangan Mercedes nampaknya hanya bisa digunakan satu musim karena terancam akan menjadi ilegal lantaran tak memenuhi regulasi untuk F1 2021 mendatang.

Mercedes mampu mencuri perhatian setelah menciptakan inovasi baru yang diperlihatkannya saat tes pramusim F1 2020. Skuat panah perak ini menjadi sorotan publik karena inovasi baru pada mobil W11 yang dikendarai oleh Lewis Hamilton.

Tayangan video dari kamera di atas cockpit menunjukkan adanya sistem baru bernama Dual Axis Steering (DAS) yang tengah dikembangkan pabrikan asal Jerman itu.

DAS sendiri merupakan sebuah sistem yang memanfaatkan kolom setir untuk mengatur toe (perbedaan jarak antara ujung depan dan belakang) roda depan. Dalam video tersebut terlihat ujung roda depan Mercedes sedikit masuk ke dalam setiap kali Lewis Hamilton menarik setir mobilnya.

Pengaturan ini akan berdampak pada tiga aspek yaitu kecepatan trek lurus, respon ketika menikung, dan degradasi ban. Namun, sistem tersebut menjadi kontroversial setelah tim F1 lainnya menilai DAS adalah perangkat ilegal dalam regulasi menurut otoritas ajang balap mobil dunia (FIA).

Kendati demikian, FIA sudah memberikan lampu hijau kepada Mercedes karena DAS hanya memanfaatkan kolom setir dan hanya mengubah sudut kemudi dari roda depan.

Namun sayangnya, keputusan FIA soal inovasi Mercedes itu hanya berlaku pada musim F1 2020 saja. Direktur balap FIA, Michael Masi, mengindikasikan bahwa penggunaan DAS untuk musim 2021 adalah illegal lantaran F1 akan menggunakan regulasi baru tahun depan.

"Anda sangat bijaksana dalam memperhatikan perubahan regulasi teknis yang akan dimulai pada 2021. Kami akan melihat hal apa yang bisa dilakukan tim-tim F1 terhadap batasan-batasan yang telah tertuang dalam regulasi musim 2021," papar Michael Masi seperti dilansir dari Crash..

Meskipun berat, direktur teknis Mercedes, James Allison, mengaku tak kecewa jika inovasi yang dikembangkan itu hanya bisa digunakan selama satu musim saja.

"Saya tidak khawatir dengan sisi legalitasnya, DAS bukan hal baru untuk FIA, kami telah membicarakannya sejak lama dengan mereka. Peraturannya cukup jelas apa yang diizinkan dan apa yang dilarang terkait hal itu, dan kami menghormatinya,” tutur Allison.

Artikel Tag: Mercedes, f1 2020

824  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini