Ini Rahasia Kesuksesan Max Verstappen Menangi GP Hungaria

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 04 Agu 2022, 13:00 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Red Bull menyebut ketepatan pemilihan ban saat balapan menjadi faktor utama yang membuat Max Verstappen mampu menyalip para rivalnya meski hanya start ke-10.

Akhir pekan lalu, Max Verstappen berhasil menjadi yang pertama mencapai garis finis di GP Hungaria. Padahal pemuda berkebangsaan Belanda itu start dari P10.

Sementara itu duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr, berada di barisan depan di awal-awal balapan. Namun menjelang perlombaan berakhir, posisi mereka justru melorot dan gagal merengkuh podium.

Usai balapan, kepala strategi Red Bull Racing, Hanna Schmitz, menjelaskan bagaiaman timnya membantu Verstappen meraih kemenangan di Hungaroring. Salah satunya caranya yakni memasang ban yang tepat di mobil sang pebalap.

“Jadi, karena kami mulai keluar dari posisi, salah satu strategi yang mungkin lebih klasik untuk dilakukan adalah memulai dengan ban yang lebih keras dan melaju lebih lama terutama dengan menyalip yang jauh lebih sulit di Hungaria – jadi itulah rencana kami,” ucap Schmitz, dilansir dari laman resmi F1 GP.

“Tetapi kami juga sebenarnya telah berbicara banyak sebelum balapan tentang jika kondisinya agak lembap dan sangat dingin seperti sebelumnya, bahwa kami dapat mempertimbangkan ban lunak sebagai alternatif karena itu mungkin lebih baik dalam kondisi dan lap tersebut ke grid," jelasnya.

"Kedua pebalap sangat vokal tentang memiliki grip yang hampir tidak ada meskipun mereka sudah menggunakan ban lunak," ia melanjutkan.

Selain itu, Schmitz menegaskan bahwa timnya telah berdiskusi dengan matang sebelum mengambil sebuah keputusan. Mereka pun bisa memilih ban yang tepat meskipun sempat mengalami kekhawatiran.

“Para insinyur balapan seperti 'kami tidak berpikir bahwa hard adalah ide yang bagus', kami semua berdiskusi panjang tentang hal itu dengan Christian (Horner) juga dan memutuskan untuk mengganti ke ban lunak. Ada sedikit hujan di udara juga jadi benar-benar lebih baik ban untuk kondisi itu," katanya.

“Kekhawatiran kami adalah apakah kami bisa membuat kemajuan yang cukup dalam tugas pertama untuk membuatnya layak, tetapi jelas kedua pebalap (Max Verstappen dan Sergio Perez) membuat kemajuan besar, jadi memang begitu," ia mengakhiri.

Artikel Tag: Max Verstappen, F1 2022, GP Hungaria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/ini-rahasia-kesuksesan-max-verstappen-menangi-gp-hungaria
543  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini