Honda Terkejut Mampu Kejar Performa Mesin Ferrari dan Mercedes

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 22 Jul 2019, 15:15 WIB
Honda Terkejut Mampu Kejar Performa Mesin Ferrari dan Mercedes

Pierre Gasly, Red Bull Racing.

Berita F1: Honda selaku pemasok mesin Red Bull mengaku cukup terkejat lantaran mereka bisa mendekati performa mesin Mercedes dan Ferrari pada Formula 1 2019.

Max Verstappen sukses mempersembahkan kemenangan perdana bagi Red Bull dan Honda di Austria. Pada seri berikutnya di Inggris, Verstappen seharusnya bisa finis podium andai tidak tersundul oleh Sebastian Vettel.

Verstappen juga merasa bisa bertarung memperebutkan pole di Silverstone, sirkuit yang biasanya kurang ramah bagi Red Bull di era turbohibrida V6, andai tidak terkena kendala 'turbo lag'. Setelah dilakukan investigasi, masalah tersebut rupanya merupakan efek dari peningkatan performa Red Bull yang membuat Max Verstappen mengoperasikan pedal gas dengan cara yang berbeda.

Sementara itu, Direktur teknis Honda F1, Toyoharu Tanabe, mengakui pihaknya terkejut bisa mengimbangi performa tim terdepan di Silverstone. Ia bahkan menduga selisih performa Honda dengan Mercedes sudah tidak terlalu besar lagi.

"Mungkin, tapi kami masih harus mengetahui tikungan atau lurusan mana kami unggul dalam catatan waktu atau kecepatan. Setelah itu, kami bisa menganalisis apa yang bagus di sini, apa yang salah, seberapa besar defisit dalam tujuh atau delapan balapan terakhir,” ujar Tanab seperti dikutip dari Motorsport.

“Itu tidak mudah untuk dijelaskan. Sepertinya jaraknya jauh lebih dekat dibandingkan balapan-balapan sebelumnya. Tidak hanya balapan, tapi juga kualifikasi. Namun, kami masih belum bisa mendapatkan jawaban yang mudah mengapa itu bisa terjadi."

Sejak memulai kemitraan dengan Red Bull, Honda mulai menunjukkan progres yang signifikan. Pabrikan asal Jepang itu yakin, mesin 'Spesifkasi 3' yang mereka perkenalkan di GP Prancis, tiga ronde sebelumnya, terus mengalami peningkatan performa di setiap pemakaian.

Artikel Tag: Honda, f1 2019, Red Bull, GP Australia

1839  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini