Hanya Start Ke-10 di GP Austria, Carlos Sainz Tetap Pasang Target Tinggi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 04 Jul 2021, 13:45 WIB
Carlos Sainz

Carlos Sainz

Ligaolahraga.com -

Berita F1:  Carlos Sainz mengaku optimistis bisa mengungguli Lando Norris yang bakal start dari P2 di GP Austria meski dirinya hanya memulai balapan dari grid ke-10.

Pada sesi kualifikasi GP Austria yang digelar Sabtu (3/7), Carlos Sainz tak lolos ke Q3 usai terpaut 0,006 detik dari pebalap Williams, George Russell. Dengan pencapaiannya tersebut, ia harus puas hanya start ke-11 di balapan utama. Namun setelah Sebastien Vettel mendapatkan hukuman penalti dan turun tiga grid, posisi start pebalap asal Spanyol itu naik satu tingkat dan berada di urutan ke-10.

Hasil tersebut membuat Sainz menyadari bahwa ia harus berjuang keras di balapan utama karena nantinya akan menghadapi berbagai kendala.

Mobil FW43B geberan Russell (P8) terbukti mampu melaju sangat cepat di lintasan lurus, sama seperti mobil AT02 yang dikemudikan duo AlphaTauri, Pierre Gasly (P6) dan Yuki Tsunoda (P7). Ketiga pebalap tersebut bakal memulai balapan GP Austria di depan dirinya.

Meski begitu, Sainz tak mengubah targetnya di balapan seri kesembilan F1 2021 itu, yakni berada sedekat mungkin dengan Lando Norris, yang bakal start dari grid kedua. Selain itu ia mengaku akan berusaha untuk mendapatkan lebih banyak poin demi mengungguli McLaren dalam klasemen konstruktor.

"Race pace sudah ada, kini kami ingin lihat di mana kami bisa menyelesaikannya dan bersaing dengan semua yang pakai ban soft. Finis di depan Norris yang start dengan medium akan sulit dan ada Russell yang juga menggunakan medium," ujar Sainz dilansir dari Motorsport.com.

"Selain itu mesin Mercedes juga kuat. Ini yang terjadi pada Williams. Sekarang mereka sangat cepat di trek lurus dan kita sudah melihatnya akhir pekan lalu dengan Russell,” ia menambahkan.

Carlos Sainz juga meyakini kejutan selalu mungkin terjadi saat balapan. Menyalip Lando Norris memang tampaknya menjadi hal yang mustahil, namun dengan memanfaatkan kesulitan yang dialami rekan tim Norris, Daniel Ricciardo bisa menjadi kunci bagi Ferrari.

"Tujuannya adalah menyalip mereka yang memakai (ban) soft dan bahkan Russell. Mungkin juga finis dengan dua mobil tepat di belakang Norris dan mendapat lebih banyak poin konstruktor," kata Sainz.

"Banyak hal masih bisa terjadi. Pada balapan nanti seharusnya temperatur lebih rendah. Dengan karena gap 0,006 detik kali ini kami tertinggal, namun masih ada kesempatan memperbaikinya,” lanjutnya.

Bila Sainz akan start di urutan ke-10 di GP Austria, maka tandemannya, Charles Leclerc harus memulai dari grid ke-12. Balapan kedua yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring itu jelas tak akan berjalan mudah bagi Ferrari.

Artikel Tag: Carlos Sainz, Ferrari, F1 2021, GP Austria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/hanya-start-ke-10-di-gp-austria-carlos-sainz-tetap-pasang-target-tinggi
380  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini