Guanyu Zhou Diharapkan Bisa Segera Debut di F1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 13 Jul 2021, 01:15 WIB
Guanyu Zhou

Guanyu Zhou

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso mengaku kagum dengan penampilan impresif Guanyu Zhou di FP1 GP Austria, ia pun berharap pebalap asal Cina itu segera dipromosikan ke F1.

Guanyu Zhou pindah ke Akademi Pebalap Alpine pada 2019 lalu, setelah empat tahun memperkuat Akademi Pebalap Ferrari. Dalam kontraknya, selain mengemudi untuk UNI-Virtuosi Racing di F2, Zhou juga berperan sebagai pebalap penguji.

Musim ini, setelah menjuarai F3 Asia dengan Abu Dhabi Racing by Prema, ia berhasil memimpin klasemen pebalap F2. Pebalap berusia 22 tahun itu sudah menang sebanyak empat kali dan mencatatkan lima pole position.

Atas performa impresifnya tersebut Zhou pun mendapatkan kesempatan untuk mencoba mobil F1 Alpine A521 milik Fernando Alonso pada FP1 GP Austria. Ia mengeliling Sirkuit Red Bull Ring sebanyak 29 lap dan menjadi pebalap tercepat ke-14. Dirinya terpaut 0,434 detik dari Esteban Ocon.

Alonso yang menyaksikan sesi tersebut kemudian melontarkan sanjungan untuk Guanyu Zhou. Ia ingin Alpine memberi lebih banyak kesempatan pada Zhou untuk tampil di sesi latihan bebas lainnya.

 “Sungguh menyenangkan menonton Zhou di mobil akhir pekan ini. Ketika kami mengetahui bahwa dia akan mengendarai mobil, kami bicara lewat telepon dan surat elektronik, untuk menjelaskan bagaimana sensasi yang saya rasakan akhir pekan lalu (GP Styria) dan bagaimana mempersiapkan latihan bebas pertama,” kata Alonso dilansir dari Motorsport.com.

“Dia seorang yang sangat baik dan sangat bertalenta. Dia menghabiskan banyak waktu di simulator dan dengan insinyur. Zhou memiliki akhir pekan sangat profesional dan tampil baik. Saya ingin melihatnya lebih sering berpartisipasi dalam lebih banyak sesi latihan dan mengembangkan kecepatan serta kepercayaan dirinya,” ia menjelaskan.

Pebalap asal Spanyol tersebut juga mendoakan agar Zhou berhasil merebut titel F2 yang tentunya akan menjadi jalan untuk mendapatkan promosi ke ajang balap mobil kelas utama.

“Akan luar biasa kalau dia menang gelar F2. Saya menyukainya sebagai pribadi dan pebalap. Saya harap dia segera datang ke Formula 1,” tutur Alonso.

Artikel Tag: Guanyu Zhou, Fernando Alonso, Alpine, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/guanyu-zhou-diharapkan-bisa-segera-debut-di-f1
498  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini