Gara-gara Salah Mobil, Ferrari Undur Tes di Fiorano

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 26 Jan 2022, 08:25 WIB
Ferrari, Charles Leclerc

Charles Leclerc

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Ferrari terpaksa menunda pengujian mobil yang dijadwakan digelar di Fiorano karena pabrikan asal Maranello itu memakai mobil yang tak sesuai ketentuan dari FIA.

Beberapa waktu lalu, Ferrari mengumumkan bakal melangsungkan tes selama empat hari, mulai Selasa (25/1). Pebalap tes mereka, Robert Shwartzman, akan mengemudi di hari pembuka dan penutup.

Sedangkan, dua pebalap utama Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr, bakal mengaspal masing-masing satu hari pada Rabu dan Kamis.

Kabar tersebut tentu saja membuat para penggemar tim berlogo kuda jingkrak itu gembira. Sejak pagi, sejumlah penonton hadir di balik pagar pembatas demi menuntaskan rasa penasaran mereka.

Di area paddock, para mekanik dan insinyur tim sedang bekerja untuk mempersiapkan sesi uji coba. Namun, tunggu punya tunggu, program tersebut akhirnya molor dari jadwal bahkan terpaksa disetop. Para penggemar pun pulang dengan rasa kecewa akibat urung menyaksikan mobil F1 2021 dari dekat.

Federasi Otomotif Internasional (FIA) meminta kegiatan tersebut dihentikan karena Ferrari menurunkan mobil SF21, bukannya versi yang lebih lama seperti mobil SF71H.

Sepertinya, terdapat kesalahan intepretasi terkait perubahan aturan tes khususnya pada frase ‘mobil sebelumnya’. Hingga tahun lalu, FIA menetapkan bahwa mobil yang boleh digeber oleh pebalap dalam uji coba internal berasal dari kompetisi dua musim sebelumnya.

Namun, sejalan dengan penerapan regulasi teknik baru untuk kejuaraan F1 2022, tim-tim kelas utama mendiskusikan peluang untuk memakai mobil tahun lalu dalam pertemuan Komite Penasihat Olahraga. Alasannya, terdapat beberapa kemiripan dengan mobil yang akan dipakai musim ini.

Dari hasil rapat tersebut, Ferrrari berkesimpulan boleh menggunakan mobil SF21. Mereka mengirim surat pemberitahuan kepada FIA. Tapi, respons yang diberikan sungguh tak terduga karena federasi meminta agar pengujian dihentikan.

“Sembari menunggu surat pembaruan dari FIA tentang bagaimana definisi ‘Uji Mobil Sebelumnya’, untuk memastikan mobil apa yang boleh dipakai dalam tes jenis ini, akan diaplikasikan pada 2022. Diputuskan bahwa SF71H 2018 akan dipakai untuk sesi tes,” demikian bunyi pemberitahuan dari tim.

Artikel Tag: Ferrari, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/gara-gara-salah-mobil-ferrari-undur-tes-di-fiorano
424  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini