Ganti Komponen Mesin, Fernando Alonso Start dari Belakang di GP AS

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 24 Okt 2021, 22:25 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso bakal memulai balapan utama GP Amerika Serikat dari posisi belakang akibat pergantian komponen power unit pada mobil Alpine A521 miliknya.

Alpine mengumumkan bahwa salah satu pebalap mereka, Fernando Aloso, telah menggunakan power unit (PU) yang terbaru untuk sisa akhir pekan balap GP Amerika Serikat. Akibatnya, juara dunia F1 pada 2005 dan 2006 itu akan start dari baris belakang.

Pebalap asal Spanyol tersebut memang menemui sejumlah kendala pada hari pertama seri GP Amerika Serikat, Jumat (22/10). Mobil Alpine A521 milik Alonso sempat mengalami selip saat turun di sesi latihan bebas pertama (FP1). Sementara itu di FP2, mobilnya melintir pada akhir sesi.

Karena tak nyaman dengan mobilnya dan rentetan masalah pada hari pertama, Alonso hanya menempati P15 di FP1 dan P13 pada FP2.

Selama latihan bebas ketiga (FP3) di COTA pada Sabtu (23/10) pagi, Alpine kemudian mengumumkan bila Alonso telah memakai internal combustion engine (ICE) keempat, melebih batas maksimal tiga power unit per musim.

Tidak hanya ICE, mesin Renault E-Tech 20B milik pebalap berusia 40 tahun itu juga mengalami pergantian turbo charger, MGU-H, MGU-K, energy store, dan sistem kontrol elektronik.

Pergantian sejumlah komponen tersebut tampaknya belum dapat memberikan hasil maksimal bagi Fernando Alonso. Terbukti, pada FP3, ia hanya mampu mengamankan urutan ke-17 dan catatan waktunya tertinggal 1,789 detik dari Sergio Perez yang menjadi pebalap tercepat di sesi tersebut.   

Dengan penalti grid yang didapatkannya di GP Amerika Serikat, Fernando Alonso akan bersanding dengan George Russell dan Sebastian Vettel yang juga start di baris belakang.

Seperti Alonso, kedua pebalap tersebut juga dijatuhi penalti setelah mengganti sejumlah komponen power unit Mercedes-AMG F1 M12 yang terpasang di mobil mereka.

Sementara itu Valtteri Bottas juga terkena penalti grid akibat masalah teknis pada mesin. Namun, pebalap asal Finlandia itu mengganti ICE saja sehingga turun lima posisi.

Artikel Tag: Fernando Alonso, Alpine, F1 2021, gp amerika serikat

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/ganti-komponen-mesin-fernando-alonso-start-dari-belakang-di-gp-as
428  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini