Gagal Start dari Baris Terdepan, Sergio Perez Ungkap Kekecewaannya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 06 Jun 2021, 17:45 WIB
Sergio Perez

Sergio Perez

Berita F1: Sergio Perez mengaku kesal karena dirinya tak akan memulai balapan dari baris terdepan di GP Azerbaijan usai tampil memuaskan selama sesi latihan bebas.

Sergio Perez mampu memberikan penampilan yang sangat memuaskan sepanjang akhir pekan GP Azerbaijan, dengan menjadi pebalap tercepat di sesi latihan bebas kedua, pada Jumat (4/6), dan menjadi tercepat kedua pada FP3 yang diadakan Sabtu (5/6).

Namun, pebalap asal Meksiko itu gagal menembus lima besar pada kualifikasi setelah gagal mencatatkan waktu lap terbaiknya dipercobaan terakhir akibat insiden yang melibatkan Yuki Tsunoda dan Carlos Sainz.

Kecelakaan yang dialami Tsunoda pada menit-menit terakhir memicu berkibarnya bendera merah yang merupakan tanda sesi diberhentikan.

Mengingat waktu di kualifikasi tiga (Q3) yang sudah hampir habis, maka sesi tersebut diputuskan untuk diberhentikan. Hal tersebut tentunya membuat setiap pebalap yang sedang berusaha memperbaiki catatan waktunya merasa sangat kecewa, salah satunya Sergio Perez.

“Saya sangat kesal! Pada lap terbaik saya di Q3, saya harus mengerem di tikungan keempat, dan ketika saya mencobanya lagi, Yuki dan Carlos mengalami kecelakaan. Sesi dihentikan dan saya kesempatan saya otomatis hilang,” kata Perez seperti dilansir Speedweek.

“Padahal saya tahu persis bisa mendapatkan posisi start di barisan terdepan, meski hanya di baris kedua. Saya membuat kesalahan pada percobaan pertama. Pada momen krusial, saya tidak dapat mengatur segalanya langsung ke intinya,” imbuhnya.

Risiko mengalami kecelakaan di Sirkuit Baku memang cukup tinggi jika seorang pebalap sedang memaksimalkan potensi mobilnya demi mendapatkan waktu lap terbaik.

Dengan start dari grid ketujuh di GP Azerbaijan, Perez menegaskan bahwa dirinya akan berusaha untuk melaju lebih cepat dan mengambil alih beberapa posisi.

“Apa yang terjadi sepanjang kualifikasi ketiga seperti sebuah bencana jika melihat posisi kami. Kami tidak memiliki kinerja seburuk itu di sesi latihan bebas. Saya tidak ingin menunjuk satu nama, tapi beberapa pebalap tidak mematusi gentlemen agreement kami. Mereka menahan Anda hingga sektor ketiga sebelum melakukan time attack,” ujar Perez.

“Tapi, itu hanya terjadi ketika semua orang keluar di trek pada saat yang sama dan mencoba menciptakan celah untuk lap cepat. Beberapa pebalap adil dalam situasi seperti itu, dan yang lainnya tidak,” ia melanjutkan.

Bagaimanapun, pebalap Red Bull Racing itu akhirnya bisa lebih memahami karakter mobil RB16B di Sirkuit Baku dan membuatnya merasa lebih nyaman saat mengemudikan mobil.

“Ya benar. Kami telah membuat langkah fundamental dalam hal memahami mobil. Saya memahami mobil dengan lebih baik dan tim mengerti dengan lebih baik apa yang saya butuhkan untuk semakin cepat. Meski saya kesal saat ini, ada banyak hal positif yang kami dapatkan,” Perez mengakhiri.

Artikel Tag: Sergio Perez, Red Bull Racing, F1 2021, GP Azerbaijan

339  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini