Gagal Podium, Lewis Hamilton Kecewa dengan Strategi Mercedes di GP Turki

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 11 Okt 2021, 15:50 WIB
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Lewis Hamilton mengaku kecewa berat dengan strategi balap yang digunakan Mercedes di seri GP Turki sebab telah membuatnya gagal finis di zona podium.

Kendati berhasil menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi GP Turki, Lewis Hamilton harus rela start dari urutan ke-11. Hal tersebut disebabkan oleh penalti grid yang diterimanya akibat pergantian komponen mesin mobil.

Namun dengan mobil Mercedes yang bisa dibilang paling kompetitif dibanding mobil tim lainnya saat ini, tidak butuh waktu lama bagi Hamilton untuk merangsek ke baris depan saat perlombaan berlangsung.

Apalagi, hujan yang mengguyur Sirkuit Istanbul Park beberapa saat sebelum balapan dimulai membuat trek menjadi basah. Kondisi tersebut mampu dimanfaatkan oleh pebalap asal Inggris tersebut dengan baik. Satu demi satu rivalnya ia libas hingga pada lap 15 (dari total 58 lap lomba), Hamilton sudah berada di P5.

Juara dunia F1 tujuh kali itu sempat bertarung sengit melawan Sergio Perez untuk memperebutkan posisi keempat antara lap 34-35. Setelah beberapa pebalap di depannya melakukan pergantian ban, ia mampu bertengger di urutan ketiga.

Saat itu, Hamilton berada di belakang rekan setimnya, Valtteri Bottas, dan rival utamanya dalam perebutan titel, Max Verstappen.

Sampai lap 49, pebalap berusia 36 tahun itu masih meyakini ban intermediate (setrip hijau) yang dipakainya sejak awal balapan mampu bertahan hingga mencapai garis finis.

Hamilton pun tetap bersikukuh untuk tidak melakukan pit stop meskipun saat itu seluruh pebalap yang menduduki posisi lima besar sudah memakai ban setrip hijau yang baru untuk menghadapi trek yang belum sepenuhnya kering.

Namun Mercedes terus memintanya untuk melakukan pergantian ban. Akhirnya Lewis Hamilton masuk pit ada lap 50, delapan putaran sebelum perlombaan selesai. Posisi Hamilton merosot dari P3 ke P5 saat kembali ke lintasan.

Usai merasa kesal karena dipaksa melakukan pit stop, ia makin frustrasi karena tak kunjung mampu memperbaiki posisinya dengan ban intermediate baru dan harus puas finis kelima.

Karena hanya mampu membawa pulang 10 poin dari seri GP Turki, Hamilton pun tergusur dari puncak klasemen pebalap dan kini tertinggal enam poin dari Verstappen.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, Mercedes, F1 2021, GP Turki

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/gagal-podium-lewis-hamilton-kecewa-dengan-strategi-mercedes-di-gp-turki
241  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini