FIA Ungkap Alasan Penalti Max Verstappen di GP Arab Saudi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 06 Des 2021, 22:50 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: FIA mengungkapkan alasan mereka menjatuhkan penalti kepada Max Verstappen di GP Arab Saudi sehingga harus menyerahkan posisinya untuk Lewis Hamilton.

Max Verstappen berusaha untuk tampil maksimal di seri GP Arab Saudi demi tetap memuncaki klasemen pebalap F1 2021. Pebalap asal Belanda itu juga bertekad untuk menyegel gelar juara dunia lebih cepat di Jeddah.

Akan tetapi, Verstappen memperlihatkan gaya balap yang terlalu agresif saat balapan berlangsung. Ia menyalip rival utamanya musim ini, Lewis Hamilton, dengan memotong tikungan.

Keadaan tersebut membuat direktur balap FIA Formula 1, Michael Masi, memaksa pebalap Red Bull Racing itu untuk memberikan posisinya kepada Hamilton.

Beberapa pihak lantas mempertanyakan keputusan Masi untuk menjatuhkan penalti pada Max Verstappen. Ia pun bersikeras bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa terjadi, apalagi di tengah balapan yang berlangsung kacau.

“Dari sisi Direktur Balap, saya tak memandang hal tersebut sebagai kesepakatan. Saya tak punya kekuasaan untuk memerintahkan tim untuk melakukan sesuatu pada situasi itu,” kata Masi dikutip dari Motorsport Week.

“Saya dapat memberikan tawaran. Saya dapat memberikannya, tetapi itu adalah pilihan mereka. Steward tentunya memiliki kuasa untuk memberikan penalti. Tetapi, saya memberikan mereka pilihan,” ia menjelaskan.

“Hal itu merupakan hasil dari bendera merah karena ada insiden di tikungan ketiga. Prioritas utama adalah memastikan pebalap aman dan membiarkan marshal membersihkan lintasan. Diskusi seperti itu sudah normal,” lanjutnya.

Sementara itu, duel sengit antara Hamilton dan Verstappen di klasemen pebalap F1 GP 2021 kian memanas panas karena keduanya kini punya peroleh poin yang sama, yakni 369,5 poin. Juara dunia F1 2021 bakal ditentukan di balapan penutup musim, GP Abu Dhabi, akhir pekan ini.

Artikel Tag: FIA, Max Verstappen, Red Bull, F1 2021, GP Arab Saudi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fia-ungkap-alasan-penalti-max-verstappen-di-gp-arab-saudi
664  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini