FIA Jatuhkan Penalti pada Pierre Gasly di GP Turki Karena Alasan Ini

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 12 Okt 2021, 07:20 WIB
Pierre Gasly

Pierre Gasly

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Direktur FIA, Michael Masi, mengungkapkan bahwa pihaknya memutuskan untuk menjatuhkan penalti kepada Pierre Gasly akibat menyenggol mobil Alonso di GP Turki.

Pada balapan GP Turki pekan lalu, Pierre Gasly menyenggol ban belakang mobil Fernando Alonso saat melewati Tikungan 1 Sirkuit Istanbul Park di lap pertama. Kejadian tersebut menyebabkan Alonso melintir ke luar lintasan.

Jika biasanya insiden kecil di putaran awal bisa diabaikan, namun berbeda dengan kasus yang dialami oleh pebalap AlphaTauri itu. Gasly akhirnya dijatuhi penalti oleh steward. Penalti yang diterimanya diringankan menjadi lima detik karena saat kejadian terdapat Sergio Perez di bagian dalam lintasan.

Pebalap asal Prancis tersebut mengambil penalti saat melakukan pit stop yang membuatnya finis tepat di belakang Lewis Hamilton yang finis kelima. Ia juga diganjar dua poin penalti pada Super Licence miliknya.

Berdasarkan investigasi, Steward mengaku mengubah pendapatnya tentang insiden yang dialami Pierre Gasly dari ‘sebagian besar bersalah’ menjadi ‘sepenuhnya bersalah’.

“Perlu ditegaskan bahwa steward tidak menganggap insiden kontak tak bisa dihindari pada Lap 1 Tikungan 1 antara dua mobil, karena Gasly tidak di antara dua mobil ketika menyentuh mobil Alonso,” demikian penjelasan Steward.

Meski begitu, pebalap berusia 25 tahun itu dianggap bertanggung jawab berdasarkan prosedur yang disepakati pada awal musim ini.

“Satu hal jika kita kembali ke awal musim, kalau Anda ingat, sebelum acara pertama diikuti diskusi dengan para pebalap dan tim, kami mesti mundur sedikit agar mereka bisa menjalankan prinsip secara umum,” kata direktur FIA, Michael Masi, dikutip dari Motorsport.com.

“Dan salah satunya adalah insiden lap pertama dan jika seorang pebalap disalahkan atas sebuah insiden, maka kemungkinan besar berbuah penalti,” imbuhnya.

“Di sana, ada Steward yang menegaskan kalau Pierre sepenuhnya bersalah atas insiden. Sebagai hasil, lima detik penalti diberikan,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Pierre Gasly, AlphaTauri, F1 2021, GP Turki

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fia-jatuhkan-penalti-pada-pierre-gasly-di-gp-turki-karena-alasan-ini
398  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini