Ferrari Dinilai Salah Strategi Saat Kualifikasi di Baku, Ross Brawn Berikan Pembelaan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 01 Mei 2019, 23:45 WIB
Ferrari Dinilai Salah Strategi Saat Kualifikasi di Baku, Ross Brawn Berikan Pembelaan

Charles Leclerc alami kecelakaan di sesi kualifikasi GP Azerbaijan 2019.

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Meskipun banyak dikritik lantaran menjadi pemicu kecelakaan Charles Leclerc, Ross Brawn membela strategi Ferrari yang memilih menggunakan kompon medium di awal babak Q2 kualifikasi GP Azerbaijan.

Setelah tampil kuat dalam sesi latihan bebas, Ferrari jadi tim yang paling diunggulkan pada kualifikasi di Baku. Di babak Q2, skuat Maranelo menjadi satu-satunya tim yang mencoba turun dengan kompon medium, dengan maksud mengambil keuntungan strategi di awal balapan.

Namun, keputusan ini justru menjadi awal dari nasib sial Ferrari. Leclerc kesulitan beradaptasi dengan karakteristik pengereman kompon medium. Ia kemudian mengunci bannya dan menabrak dinding pembatas di Tikungan 8.

Dengan tersingkirnya Leclerc dari persaingan Q3, Vettel melaju sendirian tanpa mendapat bantuan tarikan slipstream.

Hal ini pun membuka jalan lebar bagi Mercedes untuk mengunci baris start terdepan yang kemudian berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton menjadi hasil 1-2.

Kendati banyak yang menganggap bahwa Ferrari telah membuat kesalahan dengan mengganti jenis kompon di Q2, namun Ross Brawn yakin mantan timnya tersebut telah melakukan hal yang tepat.

"Menurut saya, keputusan mereka untuk mencoba turun di Q2 dengan kompon medium adalah keputusan yang tepat," ucap Brawn dikutip dari Motorsport.

"Jika Charles bisa berada di depan mereka [Mercedes] di Q3 – dan ada kemungkinan itu terjadi, dan kemudian melakukan stint pertama yang panjang, maka dia akan memiliki peluang bagus untuk finis terdepan.”

“Sayangnya, meski dia sudah tampil kuat, dia harus puas finis kelima, untuk yang ketiga kalinya tahun ini. Saya ragu poin tambahan dari fastest lap akan cukup untuk menghiburnya.”

Meskipun ia menilai kesalahan tersebut ada di tangan Leclerc sendiri, namun Brawn sama sekali tak ragu bahwa pebalap muda asal Monako itu memiliki potensi besar untuk menjadi pebalap top F1 berkat performanya yang ia tunjukkan sejauh ini.

Artikel Tag: Ferrari, f1 2019, Charles Leclerc, GP Azerbaijan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/ferrari-dinilai-salah-strategi-saat-kualifikasi-di-baku-ross-brawn-berikan-pembelaan
1045  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini