Fernando Alonso: Saya Benci Balapan di Trek Basah

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 03 Jan 2022, 11:00 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso mengaku punya nyali besar untuk menggeber mobil Formula 1 dalam kecepatan tinggi, namun ia kurang senang saat melaju di trek yang basah.

Fernando Alonso akhirnya kembali ke ajang balap mobil Formula 1 setelah dua musim menepi demi fokus pada disiplin balap lain. Bersama Alpine, driver asal Spanyol itu perlahan menemukan kembali ritme balapnya dan berhasil mencetak podium pertamanya di GP Qatar 2021 sejak terakhir kali menyabetnya tujuh tahun lalu.

Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa Alonso masih bisa tampil kompetitif dan terlibat dalam duel-duel ketat seperti yang pernah dilakukannya di masa lalu. Namun, balapan dalam kondisi basah menjadi hal yang dibencinya sejak dahulu.

Menurut Fernando Alonso, terdapat banyak risiko saat mengggeber mobil dalam kecepatan tinggi ketika hujan turun, meski perangkat keselamatan kini terus ditingkatkan.

“Ketika saya di dalam mobil, saya merasa melaju sangat lambat, tetapi ketika Anda berdampingan dengan mobil lain dan Anda melihat apa yang terjadi, Anda berpikir ini sama saja bunuh diri,” kata Alonso dilansir dari Motorsport.com.

“Saya tak pernah takut dengan kecepatan tinggi, saya menghargainya. Tetapi ada situasi berkendara yang tidak nyaman saat hujan, Anda tidak melihat apa-apa dan itu sangat sulit,” ia mengimbuhkan.

“Anda tidak takut, tetapi Anda tidak menikmatinya. Pada kecepatan 330 atau 340 km/jam tidak ada berbeda, tetapi Anda tak dapat melihat apa pun,” jelasnya.

“Jika Anda mengangkat kaki Anda, yang di belakang Anda tidak dapat melihat dan akan menabrak Anda. Jadi ini adalah tentang kepercayaan satu sama lain,” tutur juara dunia F1 dua kali itu.

Alonso kemudian mengungkapkan bahwa dirinya berencana untuk melakukan operasi pengangkatan pelat dalam waktu dekat. Pelat tersebut diketahui telah terpasang sejak awal tahun lalu ketika mengalami kecelakaan saat bersepeda.

Namun, pebalap berusia 40 tahun itu mengaku kini kondisi baik dan sangat siap untuk melakoni tes pramusim.

“Saya harus melepas pelat dari wajah, jadi saya akan memiliki waktu dua pekan di bulan Januari,” ujarnya.

“Mungkin saya tetap melepasnya, bahkan tanpa operasi karena saat ini kami memiliki waktu lengang,” ia melanjutkan.

“Tetapi setelah itu kami harus menjalani tes musim dingin dengan program yang bagus, secara fisik dan juga di dalam mobil. Dan jika mobilnya kompetitif, saya yakin saya akan tampil 100%,” tambahnya.

“Saya sangat kuat, saya siap, saya bisa memulai musim pekan depan di Bahrain!” tegas Alonso.

Artikel Tag: Fernando Alonso, Alpine, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fernando-alonso-saya-benci-balapan-di-trek-basah
358  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini