Fernando Alonso Nilai DRS Masih Dibutuhkan untuk Kejuaraan Formula 1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 22 Okt 2021, 16:55 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso mengungkapkan bahwa DRS (Drag Reduction System) masih dibutuhkan oleh ajang balap mobil Formula 1 meski akan ada peraturan teknis baru.

Sejak musim 2011, mobil-mobil ajang Formula 1 sudah dipasangkan DRS (drag reduction system). Alat itu bertujuan agar para pebalap bisa membuka sayap belakang mobil dan mendapatkan kecepatan yang lebih besar di trek lurus.

Walaupun membuat aksi overtaking menjadi lebih mudah, DRS rupanya masih menuai banyak pro dan kontra. Hal tersebut dikarenakan perlawanan yang diberikan oleh pebalap lain tidak akan terlalu besar.

F1 sendiri bakal menerapkan perubahan regulasi secara besar-besaran mulai musim depan. Kecepatan mobil pun berkurang dan mobil didesain sedemikian rupa agar terdapat lebih banyak aksi salip menyalip.

Selain itu, desain mobil musim 2022 juga akan mengurangi dampak dari udara kotor. Oleh karena itulah, banyak figur di paddock berharap DRS tak lagi dipakai pada desain baru mobil kelas utama.

Namun Fernando Alonso justru mengungkapkan pendapat yang berbeda. Pebalap asal Spanyol itu merasa DRS masih diperlukan di Formula 1.

"Saya pikir tidak (mengenai penghapusan DRS). Saya rasa kami akan selalu membutuhkannya di Formula 1," tutur Alonso dikutip dari Motorsport.com.

"Saya tahu bahwa itu akan mempermudah salip menyalip di beberapa lintasan, tergantung karakteristik lintasan tersebut,” ia menambahkan.

"Tapi, jika kita lihat lagi ke belakang, saat kami tidak memiliki DRS, justru balapan menjadi jauh lebih membosankan. Salip-menyalip jadi lebih sulit,” lanjutnya.

"Formula 1 itu tidak seperti kategori lain. Saya pikir di F1, Anda akan selalu kesulitan untuk mengikuti pebalap lainnya. Ditambah kecerdasan tim dalam merangkai strategi dan bagaimana mereka menyediakan dukungan performa ke pebalapnya,” ucap pebalap Alpine itu.

"Jadi, DRS saya rasa akan selalu menjadi alat yang berguna bagi pebalap, sekarang atau di masa depan,” tukasnya.

Artikel Tag: Fernando Alonso, Alpine, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fernando-alonso-nilai-drs-masih-dibutuhkan-untuk-kejuaraan-formula-1
395  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini