Fernando Alonso: F1 Kini Lebih Mementingkan Teknologi Ketimbang Pebalap

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 22 Mei 2022, 06:15 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso melihat bahwa kompetitif atau tidaknya sebuah tim Formula 1 saat ini dilihat dari teknologi mobil mereka, bukan dari kemampuan pebalap.

Fernando Alonso akhir pekan ini tampil dihadapan publiknya sendiri. Seri GP Spanyol pun memiliki banyak arti kampiun dunia F1 dua kali itu. Pasalnya, Sirkuit Barcelona merupakan lokasi terakhir kali ia memenangkan balapan jet darat sembilan tahun lalu.

Saat itu, pria asal Spanyol tersebut membela Ferrari dan memutuskan untuk hengkang ke McLaren pada 2015. Lalu, Alonso memutuskan untuk gantung helm pada akhir 2018 setelah gagal menunjukkan performa terbaiknya selama bermusim-musim

Namun pebalap berusia 40 tahun itu memutuskan kembali pada 2021, setelah teken kontrak dengan Renault yang kini berganti nama menjadi Alpine.

Kembali beraksi di Formula 1 setelah dua tahun menepi memang tak mudah bagi Alonso, itu terlihat dari hasil yang ditorehkannya bersama Alpine sepanjang tahun lalu. Tapi, peningkatan sang pebalap di setiap perlombaan sangat terlihat.

Pada musim 2022, regulasi baru yang diterapkan Formula 1 menghambat proses adaptasinya untuk kembali ke bentuk terbaik. Mengingat Alpine juga belum menemukan setelan yang cocok untuk mobil A522, segalanya pun kian rumit.

“Jelas sekarang segalanya berbeda. Tekanan di Ferrari cukup besar pada saat itu. Kami nyaris memenangi kejuaraan beberapa kali dan semua peluang yang terlewatkan cukup berat untuk semua orang,” kata Alonso dikutip dari Motorsport.com.

“Saya pebalap yang sangat kompetitif. Jika Anda tidak dalam posisi bermain untuk menang, Anda kehilangan perasaan menang dan Anda selalu kecewa sepanjang musim,” ia mengimbuhkan.

“Kami tidak memiliki atmosfer yang cukup bahagia dengan tim, jadi meski saya memiliki kontrak dua tahun lagi. Pada titik tertentu, saya memutuskan untuk menghentikan hubungan karena itu yang terbaik untuk kedua belah pihak.”

“Saya masih sangat ingin memenangi gelar ketiga, tapi saya juga mengerti bagaimana olahraga ini bekerja. Satu atau dua mobil di grid yang bisa bertarung untuk kejuaraan.”

“Anda mencoba membangun salah satu dari dua mobil ini dengan tim, ini adalah proses yang menarik, bagaimana tumbuh bersama tim, dengan fasilitas di pabrik dan semua sumber daya yang dapat Anda gunakan,” jelasnya.

Fernando Alonso juga mengatakan saat ini setiap tim saling berlomba-lomba menciptakan teknologi terbaik pada mobil mereka. Tim yang punya sumber daya besar tentu saja tinggi peluangnya untuk memenangi kejuaraan.

Alonso pun menyayangkan peran pebalap yang kini tak terlalu penting saat berada di balik kokpit.

“Ini merupakan hukum alam olahraga. Terkadang Anda memiliki peralatan bagus, terkadang tidak, tapi Anda harus terus berjuang dan membuat progres,” ujarnya.

“Di F1 masa kini, kami melihat pebalap masih memainkan peran penting, tapi tidak krusial seperti di masa lalu. Lewis (Hamilton) berkendara dengan sangat baik ketika dia mendominasi kejuaraan, memecahkan rekor dan mendekati 100 pole position.”

“Tapi sekarang, seperti yang dikatakannya di Australia atau di mana pun, dia berada dalam kerumunan barisan tengah dan tertinggal satu detik. Ya, selamat datang!"

Alonso menyebut Lewis Hamilton sebagai contoh nyata betapa kejamnya dunia jet darat saat ini setelah pengembangan teknologi yang dilakukan Mercedes agak tertinggal.

“Mencapai 100 pole position bukanlah hal yang tidak terpikirkan. Anda harus memiliki mobil dan tim terbaik selama bertahun-tahun yang akan datang,” ia mengungkapkan.

“Terkadang kami melakukan pekerjaan terbaik dan kami hanya berada di urutan ke-15, yang tidak mungkin dijelaskan kepada orang-orang.”

“Lewis pantas mendapatkan semua kesuksesan yang dia miliki di masa lalu, tetapi musim ini dia mengingatkan kami bahwa dengan semua rekor dan angka itu, semua peluang yang Anda miliki juga memainkan peran besar,” tutupnya.

Artikel Tag: Fernando Alonso, Alpine, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fernando-alonso-f1-kini-lebih-mementingkan-teknologi-ketimbang-pebalap
641  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini