Fernando Alonso Desak FIA Perketat Aturan Kualifikasi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 06 Jul 2021, 15:40 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso meminta FIA agar memperketat aturan soal sesi kualifikasi sehingga tak ada pebalap yang melaju terlalu lambat dan merugikan pebalap lainnya.

Federa Olahraga Internasional (FIA) didesak agar memperketat aturan sesi balapan kualifikasi sehiingga tak ada pebalap yang mengemudi terlalu lambat. Alih-alih menjamin keselamatan, justru pebalap yang lamban tersebut bisa menimbulkan insiden. Hal itu dialami oleh Fernando Alonso pada lap terakhir sesi kualifikasi kedua GP Austria, tepatnya di tikungan akhir.

Lajunya terhambat oleh Sebastian Vettel yang mengurangi kecepatan mobilnya di belakang rombongan pebalap lain yang saat itu sedang berancang-ancang untuk melakukan hot lap.

Pebalap asal Jerman itu lantas mendapat penuruan penalti tiga grid. Kemudian Steward juga melakukan penyelidikan pada Valtteri Bottas dan Carlos Sainz karena diduga terkait dengan insiden tersebut.

Alonso sangat kesal dengan kejadian itu karena mengakibatkan dirinya hanya bisa start dari posisi ke-14 di GP Austria. Ia yakin kejadian tersebut tak akan terulang jika sanksi yang diterapkan lebih keras. Oleh sebab itu dibutuhkan campur tangan dari FIA.

“Kami perlu seseorang yang membantu kami dari luar dan satu-satunya yang bisa menolong adalah FIA, menurut saya,” kata Alonso kepada Motorsport.com.

“Karena tim-tim, mereka berurusan dengan performa ban, dengan performa baterai, dengan semua sisi kompetitif. Tapi dari sisi keselamatan dan regulasi, kami tidak bisa meletakkan semua di atas meja tim karena mereka selalu melihat tentang daya saing. Jadi mungkin kami butuh bantuan dari FIA,” pebalap Alpine itu menambahkan.

Sejatinya Direktur Balapan F1, Michael Masi, telah memperingatkan kepada semua pebalap untuk tak melambat di Tikungan 9 hingga Tikungan 10 Sirkuit Red Bull Ring jika dirasa tidak perlu.

Fernando Alonso pun menilai tindakan Masi tersebut sedikit membantu, hanya saja diperlukan sistem yang lebih menguatkan.

“Jika tertulis, Anda tidak bisa melakukan satu hal dan Anda melakukannya, kemudian Anda kena penalti, sehingga jelas untuk semua orang,” ia menuturkan.

“Itu pertama membantu dan kedua, mungkin ada sebuah sistem. Saya tahu di Baku, mereka mengenalkan waktu lap minimum dan Anda harus melakukan dalam outlap. Jadi pada dasarnya, bagaimana Anda keluar dari pitlane pada posisi itu, Anda akan berakhir memulai lap pada posisi tersebut karena kami semua punya selisih waktu yang sama,” lanjutnya.

“Jadi, kemudian tidak ada lagi trik atau tidak ada lagi overtaking yang Anda lihat di outlap atau sesuatu seperti itu karena kami akan harus menghormati delta yang sama. Mungkin sistem lain bisa membantu kami,” tutup Alonso.

Artikel Tag: Fernando Alonso, F1 2021, GP Austria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fernando-alonso-desak-fia-perketat-aturan-kualifikasi
2650  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini