F1 Pastikan Sirkuit Sakhir Jadi Tuan Rumah Tes Pramusim 2023

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 30 Sep 2022, 07:30 WIB
Sirkuit Sakhir

Carlos Sainz saat melajut di Sirkuit Sakhir untuk tes pramusim F1 2022

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Sirkuit Sakhir di Bahrain akan kembali menjadi tempat pengujian pramusim selama tiga hari sebelum kejuaraan F1 2023 berlangsung, tepatnya pada 23-25 Februari.

Setelah mendapat persetujuan dari Dewan Motor Sport Dunia (WMSC) FIA, F1 mengumumkan kalender balap untuk musim depan. Jumlah perlombaan bertambah menjadi 24, termasuk tiga Grand Prix di Amerika Serikat dan enam pekan dengan format sprint race.

Sirkuit Sakhir lalu ditunjuk sebagai tempat awal kejuaraan sebab lebih praktis jika melangsungkan tes musim dingin di sana. Uji coba bakal dilaksanakan pada 23-25 Februari apabila cuaca memungkinkan.

Ini adalah tes pramusim kelima yang digelar di Bahrain. Sebelumnya, mereka menjadi tuan rumah pada musim 2011, 2014, 2021 dan 2022.

Tahun ini, sebelum bertolak ke Bahrain, para pebalap kelas utama menguji mobil degan aturan teknik anyar di Sirkuit de Barcelona – Catalunya. Namun pada musim depan, trek yang diresmikan pada 10 September 1991 tersebut bakal ditutup selama musim dingin.

Ke depannya, hari tes pramusim akan dipangkas karena mobil F1 2023 sejatinya sama persis dengan edisi sekarang. Hanya saja, perlu sedikit modifikasi di beberapa bagian untuk mengatasi kelemahan yang muncul tahun ini.

F1 juga berusaha membantu tim mengatasi problem porpoising dan gerak memantul dengan mengubah ketinggian bagian luar lantai sasis, yakni diangkat 15 mm.

Uji beban lebih ketat bakal diaplikasikan agar lantai tidak terlalu lentur sehingga mengurangi kemampuan setiap tim melaju di tepi lantai yang dekat trek. Tak cuma itu, bagian sayap depan juga berubah.

Efek dari kecelakaan parah yang menimpa driver Alfa Romeo, Guanyu Zhou, F1 memutuskan untuk mengubah desain roll hoop dan kekuatannya akan ditingkatkan.

Permukaan luar jet darat juga mesti memiliki dampak terhadap aerodinamika sekecil mungkin. Kondisi terkait bahan bakar juga perlu dilakukan peninjauan ulang.

Semua pembaruan tersebut perlu di tes di lintasan balap. Tak hanya menggelar tes pramusim, Bahrain juga menjadi seri pertama musim 2023, yakni pada 3-5 Maret.

Artikel Tag: F1 2023, Sirkuit Sakhir

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/f1-pastikan-sirkuit-sakhir-jadi-tuan-rumah-tes-pramusim-2023
584  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini