F1 Bakal Gelar Sprint Race Kedua di GP Italia

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 26 Jul 2021, 22:45 WIB
GP Italia

GP Italia 2020

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Pihak penyelenggara Formula 1 akhirnya memutuskan untuk memilih GP Italia ebagai tempat kedua yang bakal menyelenggarakan format balapan sprint race.

Sprint Race atau Sprint Qualifying perdana F1 sukses dilangsungkan pada dua pekan lalu di Sirkuit Silverstone, tuan rumah gelaran GP Inggris. Meskipun diketahui secara luas bahwa Monza bakal menjadi tempat kedua yang melangsungkan format balapan baru tersebut, F1 tak langsung memberikan konfirmasi resmi hingga Kamis (22/7) lalu ketika membuat pengumuman di situs mereka.

Seperti yang terlihat di Silverstone, pengenalan Sprint Race juga akan memunculkan sejumlah perubahan lain pada jadwal akhir pekan GP Italia, termasuk keterlambatan sesi kualifikasi di hari Jumat.

Sesi latihan bebas pertama (FP1) selama satu jam dimulai pada pukul 14.30 waktu setempat di Monza sebelum balapan kualifikasi untuk penentuan posisi start Sprint Race yang berlangsung antara jam 18.00 dan 19.00.

Terlepas dari kritik dari beberapa penggemar atas keputusan untuk tetap menjalankan FP2 yang dinilai kurang berarti karena aturan parc ferme telah dikunci, sesi tersebut akan berlangsung dari pukul 12.00 sampai 13.00 di hari Sabtu.

Sedangkan Sprint Race di Monza, yang meliputi total 18 lap di trek sepanjang 5,793 km, bakal dimulai pada jam 16.30 waktu setempat dan rencananya akan selesai pukul 17.00.

Untuk balapan utama pada hari Minggu, dijadwalkan akan dimulai pada jam 3 sore waktu setempat.

Monza menjadi tuan rumah kedua dari tiga percobaan Sprint Race musim ini. Kendati awalnya Interlagos (Brasil) masuk daftar balapan penutup musim, F1 tak menutup kemungkinan untuk mengubah rencananya.

Artikel Tag: GP Italia, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/f1-bakal-gelar-sprint-race-kedua-di-gp-italia
438  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini