Eks Pebalap F1 Ini Komentari Duel Sengit Verstappen-Hamilton di GP Italia

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 16 Sep 2021, 23:35 WIB
GP Italia, Max Verstappen, Lewis Hamilton

Max Verstappen dan Lewis Hamilton Crash di GP Italia

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Eks pebalap F1, Mika Hakkinen turut berkomentar soal persaingan ketat antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen di GP Italia hingga keduanya terlibat kecelakaan.

Insiden kecelakaan yang melibatkan Max Verstappen dan Lewis Hamilton di gelaran GP Italia pekan lalu memang sangat disayangkan oleh banyak pihak. Sementara itu publik sejatinya berharap mereka menyuguhkan duel sengit pada balapan seri ke-14 F1 2021 tersebut sehingga persaingan perburuan titel juara F1 2021 menjadi lebih menarik.

Eks pebalap F1, Mika Hakkinen pun ikut menyoroti kejadian tersebut dan memberikan komentar.  Juara dunia pada 1998 dan 1999 itu menilai insiden yang melibatkan Hamilton dan Verstappen di chicane Sirkuit Monza tersebut sejatinya dapat dihindari.

“Namun, saat dua pebalap bersaing untuk trofi yang sama bersaing di lintasan yang sama, insiden memang sangat rentan terjadi,” tutur Hakkinen dikutip dari Motorsport.com.

Insiden di seri GP Italia itu pun berujung pada penalti tiga grid yang diberikan kepada Verstappen untuk balapan berikutnya di Sochi ditambah dengan penati dua poin pada Super License miliknya. Beruntung, baik Verstappen maupun Hamilton tak mengalami cedera serius akibat kecelakaan tersebut.

“Penalti terbesar bagi Verstappen adalah dirinya tidak mampu memenangi balapan. Untuk mengalahkan Hamilton, ia harus bisa mengunggulinya,” ungkap Hakkinen.

Ia juga mengakui bahwa didrinya menikmati duel antara Hamilton dan Verstappen di trek. Tetapi, di sisi lain, Hakkinen juga khawatir tentang keselamatan mereka karena terlibat dalam kecelakaan yang mengancam nyawa.

Di Silverstone, tuan rumah GP Inggris, Max Verstappen menghantam pengaman dari tumpukan ban (tyre barrier) dalam kekuatan 51 kali gaya gravitasi usai bersenggolan dengan Lewis Hamilton di lap pertama. Sedangkan di Monza, helm Hamilton tertimpa ban belakang-kanan mobil Red Bull RB16B gebaran Verstappen meskipun tidak berdampak fatal berkat Halo.

“Di Silverstone, Verstappen beruntung tidak mengalami cedera serius setelah bersenggolan dengan Hamilton dalam kecepatan sangat tinggi (hampir 300 km/jam). Minggu lalu, Hamilton diselamatkan Halo,” tuturnya.

“Dua kecelakaan yang berpotensi menimbulkan cedera serius terjadi dalam empat balapan (GP Belgia tidak dihitung karena hanya berlangsung satu lap) dan ini sangat mengkhawatirkan karena kita semua tidak boleh menggadaikan keselamatan,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, Max Verstappen, F1 2021, GP Italia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/eks-pebalap-f1-ini-komentari-duel-sengit-verstappen-hamilton-di-gp-italia
380  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini