Eks Bos Ferrari Akui Memang Pernah Serius Incar Valentino Rossi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 06 Feb 2021, 00:30 WIB
Valentino Rossi

Valentino Rossi

Berita F1: Mantan Presiden Ferrari, Luca Cordero di Montezemolo, membeberkan bahwa ia pernah mencoba merekrut Valentino Rossi untuk hijrah ke ajang balap Formula 1, meskipun pada akhirnya tawaran tersebut ditolak.

Valentino Rossi memang pernah punya keinginan untuk menjadi rider F1 usai meraih banyak kesuksesan di ajang balap MotoGP. Hal ini bukan hanya isapan jempol lantaran Rossi berulangkali melakukan uji coba dengan mobil F1 dengan status pebalap MotoGP.

Rider The Doctor itu bahkan pernah diberi kesempatan untuk melakukan tes bersama Ferrari pada tahun 2004. Penampilan Valentino Rossi dalam mengendarai jet darat Ferrari mengundang perhatian serius bagi Luca Cordero di Montezemolo, yang kala itu menjabat sebagai Presiden Ferrari.

Di Montezemolo menilai peforma Rossi dalam mengendalikan mobil balap Ferrari sudah cukup baik dan layak menjadi pebalap F1.

"Saya melihat dia melakukan tes dengan baik. Dia belum konsisten, tetapi dia punya potensi besar," kata Di Montezemolo kepada Motorsport sebagaimana dikutip dari GPone.

Di tahun 2004 kala itu, Rossi sudah menjadi bintang besar MotoGP. Saat itu, banyak yang beranggapan bahwa kedatangan rider asal Italia itu ke Ferrari cuma bagian dari strategi promosi saja.

Namun, Luca Cordero di Montezemolo membantah anggapan tersebut. Pihaknya mengakui bahwa memang pernah menawarkan kesempatan tersebut kepada Ferrari.

"Banyak yang menilai itu adalah bagian marketing, tetapi Ferrari tidak membutuhkan itu," "Sejujurnya, kami memberi itu sebagai bentuk rasa hormat, terutama lebih ke bentuk penghargaan bagi sang juara hebat itu," ujar Di Montezemolo.

Saat menjalani uji coba, muncul ide untuk mendatangkan Valentino Rossi ke Ferrari. Gagasan itu diceritakan Luca Cordero di Montezemolo demi membawa Rossi beralih profesi dari pembalap MotoGP ke Formula 1.

Sebelum tampil bersama tim Scuderia Ferrari, Di Montezemolo ingin Rossi mencicipi karier di skuad Sauber (kini Alfa Romeo Racing) dulu. Akan tetapi, Rossi menolak pinangan Ferrari tersebut dan tetap berkarier di MotoGP.

"Ada suatu ketika kami berpikir akan membawanya satu tahun dengan Sauber terlebih dahulu. Namun, dia pintar, dia bisa menjadi nomor satu di MotoGP dan lebih suka terus menjadi nomor satu ketimbang mengambil risiko menjadi nomor empat atau lima pada balap mobil," jelasnya.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Ferrari

631  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini