Dilanda Masalah Jelang Start, Mercedes Sempat Tak Yakin Bisa Finis di GP Kanada

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 12 Jun 2019, 22:30 WIB
Dilanda Masalah Jelang Start, Mercedes Sempat Tak Yakin Bisa Finis di GP Kanada

Mercedes, F1 GP Kanada 2019.

Berita F1: Mengalami masalah mobil jelang start, Mercedes sempat khawatir Lewis Hamilton tak bisa menyelesaikan balapan Formula 1 GP Kanada, Minggu (9/6).

Hamilton sukses mengklaim kemenangan kelimanya musim ini di Sirkuit Gilles-Villeneuve setelah bertarung dengan Sebastian Vettel, yang sebenarnya finis di urutan pertama tetapi harus turun ke peringkat dua karena penalti waktu 5 detik usai terlibat insiden dengan Hamilton.

Namun kemenangan tidak diraih dengan mudah lantaran Mercedes harus mengganti sistem hidrolik mobil Hamilton pada Minggu pagi, beberapa jam sebelum balapan.

"Kemenangan ini diraih setelah pekan yang sangat sulit bagi tim yang berada di balik layar," ujar bos tim Mercedes, Toto Wolff. "Akibat masalah hidrolik, mobil kami seperti berserakan dalam bentuk jutaan keping.”

"Kami bahkan sempat tidak yakin bisa ikut atau menyelesaikan balapan. Setelah itu setengah personel tim kami dilanda penyakit flu. Yang hanya bisa kami lakukan adalah berjuang melewatinya.”

"Sebelumnya, mesin kami yang ada di mobil Lance [Stroll] meledak, dan kami tidak tahu apakah itu akan mempengaruhi kami. Secara keseluruhan, ini adalah pekan tersulit yang kami ingat, meski dari luar mungkin tidak terlihat seperti itu."

Untuk seri Grand Prix di Kanada, Mercedes memperkenalkan spesifikasi mesin baru yang bernama 'Fase 2'. Namun, hal itu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Mercedes menyusul masalah yang menimpa Stroll saat latihan terakhir.

Beruntung bagi Mercedes, rangkaian GP Kanada berhasil mereka lewati tanpa ada masalah mesin, meski mayoritas tim tampak kesulitan mengelola temperatur rem saat balapan.

Wolff mengaku mendapat stres tambahan padad penghujung balapan saat Hamilton bersikeras ingin menyalip Vettel meski pebalap Ferrari itu sudah dikenai penalti waktu lima detik.

"Menurut saya dia ingin menunjukkan bahwa dia bisa melewati Vettel di trek sehingga dia bisa berkata seusai balapan bahwa dia menang secara 'bersih' di trek, ketimbang menang lewat penalti lima detik," kata Wolff.

"Itu yang ingin dia capai. Saya tahu itu, tetapi saya jadi tidak bisa tenang, karena rem dia mulai terlalu panas. Tetapi itulah jiwa seorang pebalap."

Artikel Tag: Mercedes, f1 2019, Lewis Hamilton, GP Kanada

324  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini