Dikeluhkan Banyak Pebalap, Carlos Sainz Justru Nyaman dengan Ban 18 Inci

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 03 Mar 2022, 09:50 WIB
Carlos Sainz

Carlos Sainz

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Carlos Sainz mengaku senang dengan ban baru berukuran 18 inci sebab membuat mobil yang ia kemudikan jadi tak mudah tergelincir seperti musim lalu.

Tes pramusim F1 2022 di Sirkuit Barcelona menjadi kali pertama bagi seluruh tim dan pebalap untuk merasakan ban dengan pelek 18 inci pada mobil F1 2022. Pasalnya, sepanjang musim lalu, mereka hanya bisa menguji ban baru dengan mobil F1 versi lama hasil modifikasi.

Namun beberapa pebalap mengeluhkan pandangannya terganggu akibat penggunaan ban 18 inci. Hal tersebut pun menjadi pembicaraan hangat di paddock Formula 1.

Bahkan, beberapa pebalap mengatakan bahwa ban 18 inci tak memberikan pengaruh besar dibandingkan dengan ban 13 inci yang dipakai mobil musim 2021.

Namun, Carlos Sainz yang melahap lap lebih banyak dibanding pebalap lain, meyakini bahwa ban 18 inci memungkinkannya untuk menekan mobil lebih keras. Menurutnya, jika melakukannya dengan ban 13 inci, maka mobil jadi lebih mudah tergelincir.

“Saya melakukan sedikit pengujian tahun lalu, saya pikir melakukan total tiga atau empat hari dengan ban medium,” kata Sainz dikutip dari Motorsport.com.

“Ban (18 inci) ini terlihat cocok dengan mobil generasi baru. Setidaknya perubahan ini memungkinkan Anda untuk bisa lebih memaksimalkan kinerja ban dibanding sebelumnya,” jelasnya.

“Dibanding tahun-tahun lalu, ban ini mungkin sedikit lebih panas. Tetapi skalanya bagi saya pribadi itu tak masalah, saya merasa itu sedikit lebih baik. Pekerjaan yang dilakukan Pirelli tahun lalu dan pengembangannya tampaknya mulai membuahkan hasil,” ia melanjutkan.

Pebalap asal Spanyol tersebut juga mengatakan bahwa ada potensi perbedaan waktu lap yang lebih besar antara setiap kompon. Itu merupakan sesuatu yang seharusnya bisa membuat balapan menjadi lebih menarik untuk ditonton.

“Tampaknya ada perbedaan yang cukup besar dari masing-masing kompon, yang dalam beberapa tahun terakhir, misalnya C2, C3 dan C4 biasanya sangat dekat satu sama lain,” ujar Sainz.

“Saat ini, setidaknya di sekitar Barcelona, ada jarak yang cukup besar dalam hal daya cengkeram (grip) dari satu kompon ke kompon lainnya.”

“Jadi, mungkin kami bisa sedikit mencampuradukkan berbagai hal dalam balapan. Jadi dalam hal itu ada beberapa perbedaan besar dibandingkan dengan tahun lalu,” tutupnya.

Artikel Tag: Carlos Sainz, Ferrari, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/dikeluhkan-banyak-pebalap-carlos-sainz-justru-nyaman-dengan-ban-18-inci
745  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini