Dijatuhi Penalti Kontroversial di GP Kanada, Vettel Kritk Keputusan Stewards

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 10 Jun 2019, 08:15 WIB
Dijatuhi Penalti Kontroversial di GP Kanada, Vettel Kritk Keputusan Stewards

Sebastian Vettel menukar board nomor urutan mobil Hamilton, GP Kanada 2019.

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Sebastian Vettel tak mampu menahan kekecewaannya, ia meluapkan amarahnya kepada stewards usai dijatuhi penalti lima detik yang membuatnya gagal memenangi GP Kanada.

Pebalap Ferrari itu sangat kecewa begitu mengetahui bahwa dia mendapat hukuman atas insiden di Tikungan 3-4 pada lap ke-48.

Stewards menganggap Vettel telah melakukan pelanggaran saat kembali bergabung ke lintasan, dan menjatuhi penalti lima detik untuk pebalap Jerman tersebut.

Akibatnya, meskipun Vettel sukses melintasi garis finis di urutan pertama namun ia harus menerima kenyataan bahwa ia turun ke posisi kedua, sementara Lewis Hamilton keluar menjadi pemenang.

Saat itu memang Vettel kesulitan menggunakan ban kompon hard pada stint kedua, ia kerap kali mendapat serangan dari Hamilton hingga akhirnya harus melebar ke rumput. Namun saat ia kembali ke lintasan, ia dinilai telah menahan laju Hamilton.

Merasa tak terima dengan hukuman tersebut, Vettel pun tak segan untuk mengungkapkan kritikannya terhadap steward F1. Pebalap Ferrari ini merasa dalam situasi tersebut, itu adalah cara terbaik agar tak terjadi kecelakaan. Pasalnya, jika mobil berada di rumput maka akan kehilangan banyak grip sehingga sangat berisiko besar.

"Anda harus benar-benar buta jika Anda mengira bisa mengendalikan mobil di atas rumput," kesalnya di radio. "Saya beruntung tidak menabrak dinding. Harus ke mana saya bergerak?

"Ini tidak adil, dunia ini sudah salah."

Mendengar amarah Vettel, team principal Ferrari, Mattia Binotto, berusaha menenangkan pebalapnya tersebut walau akhirnya tidak berhasil.

"Tidak, saya tidak ingin tenang. Ini tidak adil, tidak adil. Saya marah... saya berhak marah. Saya tidak peduli apa yang dikatakan orang-orang."

Drama belum berhenti usai balapan. Vettel menolak memarkir mobilnya di parc ferme dan langsung bergegas ke gedung hospitality tim Ferrari.

Vettel akhirnya berjalan ke arah podium, dan menukarkan papan nomor satu dari mobil Hamilton dengan papan nomor dua. Ia juga tak luput mengungkapkan kekesalannya kepada awak media.

"Saya pikir apa yang saya katakan sudah cukup," terang Vettel soal penaltinya. "Anda harus bertanya kepada orang-orang apa yang mereka pikirkan. Kita punya pertunjukan yang bagus, tanya mereka..."

Pada saat berada di podium, Hamilton mendapaat cemoohan dari para penonton. Akan tetapi, Vettel pun dengan tegas membela pebalap asal Mercedes tersebut.

"Mereka tidak sepatutnya mencemooh Lewis. Dia melihat apa yang terjadi... tetapi mereka seharusnya tidak mencemooh Lewis. Mungkin yang seharusnya dicemooh adalah keputusan lucu ini."

Hamilton kemudian juga mengatakan, "Saya tidak membuat keputusan jadi saya tidak tahu kepada siapa cemoohan itu".

Artikel Tag: Sebastian Vettel, Lewis Hamilton, GP Kanada

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/dijatuhi-penalti-kontroversial-di-gp-kanada-vettel-kritk-keputusan-stewards
1250  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini