Charles Leclerc Tak Kecewa Usai Gagal Raih Kemenangan di GP Turki

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 12 Okt 2021, 07:35 WIB
Charles Leclerc

Charles Leclerc

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Charles Leclerc mengaku sama sekali tak merasa kecewa meski kehilangan peluangnya untuk meraih kemenangan pertama di F1 2021 saat tampil di seri GP Turki.

Kondisi Sirkuit Istanbul Park, tuan rumah gelaran GP Turki, menjadi lembab usai diguyur hujan selama beberapa waktu. Dua pebalap yang berada di posisi depan saat balapan, Valtteri Bottas dan Max Verstappen, pun memutuskan untuk melakukan pergantian ban.

Ketika mereka masuk ke pit, Charles Leclerc memimpin jalannya perlombaan. Ia memilih untuk mempertahankan posisinya tersebut daripada mengikuti jejak keduanya.

Rupanya keputusan tersebut justru menjadi bumerang baginya. Saat trek mulai mengering, pebalap Ferrari itu makin sulit untuk mengendalikan mobilnya karena performa ban yang merosot drastis. Ia  pun dipaksa untuk melakukan pit stop pada lap ke-47.

Pebalap asal Monako itu kemudian dikudeta oleh Bottas dan harapannya untuk mengamankan podium ketiga diblok oleh Sergio Perez. Meski begitu, ia mampu menahan laju Lewis Hamilton.

Akan tetapi, Leclerc mengaku tak ingin mengritik taktik yang digunakan Ferrari di GP Turki meski berujung pada kegagalan.

“Saya punya semua info yang dibutuhkan saat itu, dan ketika Valtteri masuk pit (dari posisi memimpin), saya banyak bertanya di radio, ‘Ok, berapa waktu lap untuk ban intermediate baru?’” kata Leclerc dikutip dari Motorsport.com.

“Untuk lima atau enam lap pertama, kami kurang lebih sejalan dengan pace. Jadi bagi saya, itu sangat jelas tidak sekadar melempar dadu,” imbuhnya.

“Saya kira, saya dan kami semua, percaya diri dengan pilihan itu. Tapi, balapan itu sedikit aneh dengan ban intermediate untuk enam atau tujuh lap. Mereka memiliki fase graining dan saat Anda melewati fase itu, kemudian Anda menemukan banyak pace lagi. Pada dasarnya, itu yang terjadi. Jadi dari sisi saya, tidak ada penyesalan,” ia menjelaskan.

Ketika pace dengan ban lama menghilang, pebalap berusia 23 tahun itu melihat tak ada gunanya jika melanjutkan putaran karena sulit untuk mengejar para rivalnya.

“Akan menjadi sangat, sangat sulit tanpa berhenti sejujurnya. Ban belakang sangat sulit dikendalikan dalam empat lap terakhir sebelum pit stop dan itu kenapa kami melakoni pit stop,” tutur Leclerc.

“Saya sangat kerepotan dengan ban belakang terkunci dan itu mendorong saya melakukan beberapa kesalahan. Saya kira lebih baik kami menyelesaikan dengan pit stop,” pungkasnya.

Artikel Tag: Charles Leclerc, Ferrari, F1 2021, GP Turki

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/charles-leclerc-tak-kecewa-usai-gagal-raih-kemenangan-di-gp-turki
694  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini