Charles Leclerc Sudah Tak Berhasrat Rebut Gelar Juara

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 05 Sep 2022, 23:30 WIB
Charles Leclerc

Charles Leclerc

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Charles Leclerc mengakui Red Bull Racing kini memiliki mobil terbaik di grid, sedangkan Mercedes terus mengalami peningkatan dalam beberapa seri terakhir.

Charles Leclerc sejatinya mampu tampil menjanjikan dalam sesi latihan bebas dan kualifikasi GP Belanda. Pabrikan asal Maranello itu mampu menjaga jarak dari Max Verstappen pada stint pertama dengan ban soft, tetapi kemudian sang pebalap melorot ke urutan keempat.

Untungnya, periode safety car mampu dimanfaatkan dengan baik. Pit stop terakhir memakai ban baru membantu Leclerc untuk kembali melesat di trek. Pebalap asal Monako itu bahkan sukses melibas Lewis Hamilton untuk mengamankan P3.

Walau bisa kembali naik podium sejak kali terakhir melakukannya di Red Bull Ring, Leclerc juga dihadapkan dengan fakta menyakitkan. Verstappen kini sudah mengoleksi 310 poin, sebaliknya ia baru mencetak 201 poin.

Posisinya dalam persaingan juara pun kian sulit, lantaran Mercedes terus memperlihatkan peningkatan signifikan. George Russell saat ini juga hanya terpaut 13 poin atas Leclerc. Belum lagi masih ada tandem Verstappen, Sergio Perez, yang cukup sering membuat Ferrari kewalahan.

“Red Bull adalah mobil yang lebih cepat saat ini, terutama dalam race pace,” ucap Leclerc dikutip dari Formula1.com.

“Pada kualifikasi, saya pikir kami sangat dekat. Mercedes tampaknya telah mendapatkan sedikit performa dalam race pace, jadi (titel) terlihat sulit,” ia mengimbuhkan.

Bicara soal pemilihan ban saat balapan Leclerc pun mengungkapkan kekecewaannya. Kompon lunak sebenarnya mampu mendongkrak kecepatan sais F1-75. Relatif cepat pula bila dibandingkan Maax Verstappen yang memakai ban baru.

Namun yang membuat Leclerc sangat terkejut adalah kecepatan jet darat Mercedes W13 yang menggunakan ban keras di Zandvoort. Pemuda berusia 24 tahun tersebut merasa Ferrari bisa belajar dari sang rival.

“Tapi pada medium untuk beberapa alasan rasanya tidak enak, dan juga sulit,” ucapnya.

“Kejutannya adalah sebagian besar Mercedes menggunakan ban hard. Mereka sangat cepat. Mungkin kami bisa belajar sesuatu dari mereka,” lanjut Leclerc.

Pekan ini, Monza akan menjadi tuan rumah balapan GP Italia, yang sekaligus menjadi seri penutup triple-header sebelum rombongan Formula 1 terbang menuju benua Asia untuk gelaran GP Singapura akhir bulan nanti.

Leclerc tercatat pernah memenangi perlombaan disana pada 2019. Tetapi ia sadar bahwa layout trek berjuluk Temple of Speed tersebut kurang cocok dengan F1-75.

“Di atas kertas, sayangnya ini bukan trek terbaik kami. Tapi saya tak sabar untuk pergi ke sana. Kinerja di atas kertas akan sedikit lebih sulit,” tutupnya.

Artikel Tag: Charles Leclerc, F1 2022, Max Verstappen

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/charles-leclerc-sudah-tak-berhasrat-rebut-gelar-juara
585  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini