Charles Leclerc Kena Penalti Sehingga Turun Posisi di Austria

Penulis: Senja Hanan
Sabtu 01 Jul 2023, 21:35 WIB
Pebalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc. (Images: Getty)

Pebalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc. (Images: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Charles Leclerc telah diberikan penalti grid tiga tempat. Karena menghalangi Oscar Piastri selama Sprint Shootout di F1 GP Austria.

Pebalap Ferrari itu telah diturunkan tiga posisi dan akan turun dari posisi keenam di grid ke urutan kesembilan untuk balapan Sprint pada Sabtu sore. Menyusul penyelidikan atas insiden SQ1, steward menganggap Leclerc "tidak perlu menghalangi" pembalap McLaren.

Piastri tersingkir di urutan ke-17, sementara Leclerc mencatatkan waktu tercepat keenam. Penalti Leclerc membuat Fernando Alonso, Lance Stroll dan Esteban Ocon naik satu posisi.

"Para Steward mendengar dari pengemudi Mobil 16 (Charles Leclerc), pengemudi Mobil 81 (Oscar Piastri), perwakilan tim dan meninjau data sistem penentuan posisi / pengaturan, video, waktu, telemetri, radio tim, dan bukti video dalam mobil," kata steward.

Pengemudi Gerbong 81 menyatakan bahwa saat mendekati Belokan 9, dia melihat Gerbong 16 berjalan lambat dan harus mengerem, mengurangi kecepatannya sekitar 45 km/jam dari putaran dorong sebelumnya. Hal ini diverifikasi oleh Steward yang mengacu pada telemetri Mobil 81.

Dikonfirmasi Mobil 81 kehilangan sekitar 0,5 detik di sektor mini itu (5,3 detik v 4,8 detik). Pengemudi Mobil 16 menyatakan bahwa panggilan terakhir yang dia terima dari timnya adalah ketika dia mendekati Tikungan 4 (“Piastri 6 detik”) dan bahwa dia melihat Mobil 81 di kaca spionnya saat dia berada di Tikungan 8 dan Mobil 81 masuk Putar 7.

"Perwakilan Tim Mobil 16 menyatakan bahwa tim "bisa melakukannya lebih baik" dalam mengkomunikasikan pendekatan cepat Mobil 81 dan pembalapnya menyatakan bahwa "Jika saya diperingatkan, saya bisa melakukan sesuatu lebih awal."

"Oleh karena itu kami menentukan bahwa meskipun ini bukan sepenuhnya kesalahan pembalap, dan kurangnya komunikasi tim adalah faktor utama, penalti posisi grid harus dikenakan karena Car 81 "tidak perlu dihalangi", karena tidak ada keraguan. bahwa situasi tersebut dapat dihindari."

"Perlu juga dicatat bahwa penalti ini HANYA berlaku untuk Sprint dan jika pembalap tidak dapat mengikuti Sprint di acara ini, penalti akan dibawa ke Sprint berikutnya (dan bukan Grand Prix)," tambahnya.

Artikel Tag: f1 gp austria, Charles Leclerc

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/charles-leclerc-kena-penalti-sehingga-turun-posisi-di-austria
438  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini