Carlos Sainz Puas Bisa Capai Targetnya Finis Lima Besar di GP Austria

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 06 Jul 2021, 17:35 WIB
Carlos Sainz

Carlos Sainz

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Carlos Sainz mengaku puas dengan keberhasilannya memacu mobil Ferrari SF21 untuk finis di lima besar GP Austria meski hanya memulai balapan dari grid ke-10.

Carlos Sainz mampu memberikan penampilan sensasional di balapan kedua yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, GP Austria. Start dari grid ke-10, ia sukses finis kelima dan mempersembahkan 10 poin untuk Ferrari.

Pebalap asal Spanyol itu memilih menggunakan ban keras dan kehilangan beberapa posisi di awal balapan. Sainz berada di urutan ke-13 usai lap pertama, ia disalip oleh Sebastian Vettel, Charles Leclerc dan Daniel Ricciardo.

Perlahan tapi pasti, pebalap 26 tahun itu mampu memperbaiki posisinya. Pada lap ke-12, rekan setim Charles Leclerc itu menyalip George Russell untuk menempati P12. Ia pun makin percaya diri dengan ritme balapnya dan terus merangsek ke baris depan ketika beberapa rivalnya mulai melakukan pit stop.

Carlos Sainz akhirnya berada di P5 ketika Lando Norris, Ricciardo dan Leclerc melakukan pit stop pertamanya. Kemudian Sainz mengganti bannya dengan ban medium pada lap ke-49 dan melanjutkan balapan dari posisi kesembilan. Lima putaran sebelum balapan GP Austria berakhir, ia menyalip Leclerc dan Ricciardo.

"Itu balapan yang sulit, lebih banyak penderitaan daripada yang saya harapkan dengan ban hard, terutama di tahap awal. Mulanya, saya tidak memiliki grip dibandingkan yang memakai soft dan medium," kata Sainz dilansir dari Motorsport.com.

"Tetapi saya berhasil tetap tenang dan dengan begitu saya mamp memperpanjang relay. Hal tersebut memberi saya pilihan untuk memasang ban medium dan tampil maksimal,” ia melanjutkan.

"Sebenarnya, di paruh kedua balapan saya bersenang-senang karena di babak pertama saya pikir kami tidak berbuat banyak. Namun pada akhirnya kami berhasil," tambahnya.

Sainz mengaku puas bisa menjalankan strategi balapnya yang berisiko dengan baik, meski tak berjalan mulus saat dirinya akan melakukan pit stop.

"Itu (taktik) bekerja dengan baik. Namun ketika masih lap ke-48 dan belum (pit) stop, saya berpikir untuk melihat apakah Safety Car akan keluar. Kemudian saya menemukan kecepatan yang sangat bagus dan bisa mengejar Charles, Daniel serta Checo dan melewati mereka," ujar Sainz.

"Sangat menyenangkan, terutama melihat strategi berhasil dan ritme meningkat sepanjang race dan bahwa perlahan saya mulai menjadi Carlos yang mampu lebih maksimal pada (balapan) hari Minggu," tukasnya.

Artikel Tag: Carlos Sainz, Ferrari, F1 2021, GP Austria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/carlos-sainz-puas-bisa-capai-targetnya-finis-lima-besar-di-gp-austria
354  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini