Carlos Sainz dan Alonso Ulang Momen Bersejarah dalam Balapan di Montreal

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 23 Jun 2022, 15:00 WIB
Carlos Sainz, Fernando Alonso

Carlos Sainz dan Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Pertarungan sengit antara Carlos Sainz dan Fernando Alonso di GP Kanada mengulang sejarah dimana ada dua driver asal Spanyol yang mampu menempati P1 dan P2.

Fernando Alonso kembali memulai perlombaan dari baris pertama sejak melakukannya di GP Jerman 2012. Ia start di samping Max Verstappen, sang peraih pole position. Sedangkan Carlos Sainz berada di urutan ketiga.

Alonso dan Sainz sempat menjalani balapan dengan sangat tangguh, sebelum menemui berbagai rintangan dan menghadapi kebangkitan Verstappen.

Hadirnya dua pebalap asal Spanyol di urutan pertama dan kedua bisa dibilang sangat langka dalam sejarah Formula 1 yang bergulir selama 72 tahun. Sebelumnya momen tersebut hanya terjadi satu kali, tepatnya di GP Hungaria 2006.

Bintang utamanya ketika itu adalah Fernando Alonso yang tengah membela Mild Seven Renault. Ia harus bertarung sengit dengan Pedro Martinez de la Rosa (McLaren Mercedes). Keduanya lalu maju ke posisi paling depan pada lap 26 setelah Kimi Raikkonen terlibat insiden kecelakaan dengan Vitantonio Liuzzi (Toro Rosso).

Walaupun kesempatan emas tersebut hanya berlangsung selama satu putaran, namun sangat pantas untuk masuk dalam sejarah balap mobil Negeri Matador.

Bagi Alonso, balapan tersebut berakhir menyakitkan karena dirinya menabrak dinding pembatas lintasan pada lap 51. Harapannya untuk menyegel kemenangan di sana harus sirna.

Sebaliknya, Dewi Fortuna berpihak kepada de la Rosa. Ia mencetak podium perdana sekaligus satu-satunya selama berkarier di kelas premier. Sang pebalap finis di urutan kedua, tepat di belakang Jenson Button.

Kisah serupa kembali terulang dalam seri GP Kanada 2022. Alonso juga gagal menyempurnakan balapan dengan menembus zona podium. Setelah bersusah payah, pria berusia 40 tahun tersebut harus puas menempati P7.

Namun selepas balapan, ia dijatuhi hukuman penalti lima detik karena melakukan manuver agresif ketika berusaha mengatasi tekanan dari Valtteri Bottas pada lap terakhir. Alonso pun terpaksa turun ke P9.

Sementara itu Carlos Sainz berhasil mengakhiri balapan sebagai runner-up. Pebalap Ferrari itu hanya terpaut satu detik saja dari sang pemenang, Max Verstappen.

Artikel Tag: Carlos Sainz, Fernando Alonso, F1 2022, GP Kanada

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/carlos-sainz-dan-alonso-ulang-momen-bersejarah-dalam-balapan-di-montreal
670  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini