Bobot Mobil Red Bull RB18 Kian Dekat dengan Batas Minimum  

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 13 Mei 2022, 12:55 WIB
Red Bull, Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Mobil Red Bull RB18 milik Max Verstappen dan Sergio Perez kabarnya akan lebih ringan-3-5 kg saat mengaspal di Sirkuit Barcelona untuk seri GP Spanyol.

Max Verstappen dan Red Bull Racing membuat semua orang berdecak kagum pada dua balapan terakhir F1 2022. Pada GP Emilia Romagna, ia tampil perfek dengan mencetak pole position, memenangi Sprint, dan menguasai balapan utama hari Minggu. Hasilnya, pebalap asal Belanda itu berhasil membawa pulang 34 poin.

Di balapan berikutnya, GP Miami, ia membuat kesalahan pada sesi kualifikasi ketiga sehingga gagal merebut pole dan tak bisa start dari barisan terdepan.

Namun, manuver brilian Verstappen saat start dengan melewati Carlos Sainz di P2 untuk kemudian melibas rivalnya dalam perebutan titel musim ini, Charles Leclerc, membuat ia berhasil memenangi GP Miami dan mendapat 26 poin.

Dengan total 60 poin dari dua perlombaan terakhir, pria berusia 24 tahun itu pun memangkas gap dengan Leclerc menjadi 19 angka saja di klasemen pebalap. Sebagai catatan, setelah memenangi GP Australia, seri kedua F1 2022, Charles Leclerc makin menjauh hingga berjarak 46 poin dari Verstappen.

Setelah kalah telak di Bahrain dan Albert Park, serta bermasalah di Jeddah, Red Bull kemudian membuat gebrakan di GP Emilia Romagna.

Pada balapan kandang Ferrari tersebut, mobil RB18 tampak jauh lebih ramping. Meskipun, dua bulan sebelumnya FIA telah menaikkan batas bobot minimum mobil dari 795 kg menjadi 798 kg.

Berat minimum 798 kg merupakan massa mobil sudah dengan pebalap yang mengemudikannya dan memakai ban kering, namun tanpa bahan bakar. Berat minimal dihitung setelah balapan digelar, usai mobil menggunakan bahan bakarnya.

Untuk diketahui, total kapasitas bahan bakar sebuah mobil Formula 1 adalah 110 kg. Jadi, saat start, total berat mobil diperkirakan paling tidak menembus 908 kg karena mereka diasumsikan membawa bahan bakar dalam kondisi penuh.

Para teknisi dan insinyur Die Roten Bullen pun bekerja keras untuk menemukan cara menekan bobot mobil agar mendekat batas minimum 798 kg.

Media asal Belanda, De Telegraaf, mengabarkan bahwa pabrikan asal Austria tersebut sudah melakukan inovasi brilian untuk menghadapi balapan berikutnya, GP Spanyol.

Mobil RB18 milik Max Verstappen dan tandemannya, Sergio Perez, di Barcelona nanti akan lebih ringan 3 kg sampai 5 kg dibanding saat tampil di Miami.

Sebelumnya, penasihat Red Bull, Helmut Marko, memang sudah memberikan sinyal kuat terkait modifikasi yang akan dilakukan oleh timnya.

“Kami akan terus melakukan pengembangan, yang akan dimulai dengan memakai sejumlah komponen baru agar bobot mobil mampu optimal sesuai keinginan. Sejauh ini, bobot mobil kami memang masih di atas batas minimum 798 kg,” ucap Marko.

Artikel Tag: Red Bull, F1 2022, GP Spanyol

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/bobot-mobil-red-bull-rb18-kian-dekat-dengan-batas-minimum
998  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini