Bikin Ulah di Kualifikasi GP Meksiko, Yuki Tsunoda Ungkap Pembelaannya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 07 Nov 2021, 22:40 WIB
Yuki Tsunoda

Yuki Tsunoda

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Yuki Tsunoda dianggap telah merusak upaya Red Bull untuk mengamankan pole position di kualifikasi GP Meksiko, namun pebalap asal Jepang itu merasa tak bersalah.

Yuki Tsunoda merasa tak memiliki beban saat tampil di kualifikasi GP Meksiko karena sudah pasti akan start dari urutan belakang di balapan utama. Hal tersebut disebabkan karena ia diganjar penalti penurunan grid akibat pergantian komponen power unit.

Kendati demikian, bukan berarti pebalap asal Jepang itu boleh finis di posisi mana saja dalam sesi kualifikasi. Alphatauri justru berusaha keras agar Tsunoda lolos ke Q3 dan membantu rekan setimnya, Pierre Gasly dengan slipstream.

Namun ketika melintasi Tikungan 11 Sirkuit Hermanoz Rodriguez di lap terakhir, ia melebar ke run-off. Sergio Perez yang telah berhasil memperbaiki catatan waktunya terpaksa menghindari Tsunoda dan melaju di atas rumput.

Max Verstapen, yang berada di belakang mereka, segera tancap gas supaya tak terjebak oleh bendera kuning. Namun pebalap asal Belanda itu gagal memangkas gap dengan duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Tsunoda lantas dianggap telah merusak upaya Red Bull Racing untuk memperjuangkan pole position.

“Saya kira Tsunoda melukai kami. Kedua pebalap berada di lap terakhir dan selisih Max 0,25 detik dan Checo kurang dari 0,2 detik,” kata prinsipal Red Bull, Christian Horner, dikutip dari Motorsport.com.

“Saya tidak tahu kenapa keluar di bagian sirkuit tersebut. Jadi ini mengecewakan karena berdampak kepada kedua pebalap. Mereka juga kesal. Bagaimana pun, kami berada di barisan kedua grid dan masih bisa balapan dengan baik dari sana,” jelasnya.

Perez juga mengaku sangat frustrasi dengan manuver mendadak yang dilakukan Tsunoda karena ia bertekad untuk mempersembahkan posisi terbaik di hadapan publiknya. Meski begitu, ia tak mau terlalu memikirkannya dan fokus mengamankan podium di balapan utama GP Meksiko.

Selepas sesi kualifikasi, Yuki Tsunoda malah balik menyalahkan Verstappen dan Perez. Ia juga mengaku ingin berbicara langsung dengan Horner untuk melakukan klarifikasi.

“Saya tidak mengacaukan Red Bull. Itu adalah kesalahan mereka sendiri. Saya keluar dan tidak bisa melakukan lebih dari itu. Maksud saya, saya tidak tahu, ke mana saya seharusnya pergi ke sana?” tutur Tsunoda.

“Saya menghitung ke belakang tapi pada sektor kedua. Saya tak tahu. Jika punya kesempatan lain, saya akan melakukan hal sama. Saya tak tahu melakukan apa. Anda pikir saya melakukan kesalahan?” imbuhnya.

“Saya akan harus mendiskusikannya dengan Red Bull, tapi saya pikir tidak melakukan kesalahan apa pun,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Yuki Tsunoda, AlphaTauri, Red Bull, F1 2021, gp meksiko

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/bikin-ulah-di-kualifikasi-gp-meksiko-yuki-tsunoda-ungkap-pembelaannya
382  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini