Berita F1: Tim Force India Yakin Penalti Turun Grid Jadikan Balapan Formula 1 Lebih Adil

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 05 Sep 2017, 19:00 WIB
Berita F1: Tim Force India Yakin Penalti Turun Grid Jadikan Balapan Formula 1 Lebih Adil

Grid GP Italia, Sirkuit Monza

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Berita F1: Penalti Grid untuk pergantian mesin atau peralatan gearbox dapat menurunkan biaya dan memungkinkan Formula 1 ke tingkat yang lebih tinggi. Hal ini disampaikan oleh Chief Operating Officer Tim Force India, Otmar Szafnauer.

Bos olahraga F1, Ross Brawn mengatakan menjelang akhir pekan Grand Prix Italia bahwa para pemimpin F1 mendorong berakhirnya penalti grid karena sistem tersebut sudah lepas kendali.

Di Italia, sembilan dari 20 pembalap terkena penalti, akibat perubahan mesin atau gearbox, karena banyaknya yang terkena penalti, urutan start saat GP Italia tersebut terlihat sangat berbeda dengan absen urutan kualifikasi akhir.

"Jika kita memiliki jumlah uang yang tidak terbatas, saya setuju dengan Ross," kata Szafnauer. "Biarkan semua orang menghabiskan apa yang mereka inginkan. Maka itu akan jadi formula yang berbeda.

"Anda tidak bisa mengatakan bahwa ‘kita harus mengendalikan biaya’, tapi tidak memiliki barang seperti ini karena itu tidak sesuai dengan kedua pernyataan tersebut. Kita harus ingat mengapa ada penalti di sana dan salah satu alasannya adalah menghemat biaya.

"Dulu, sebelum kita memiliki beberapa mesin per driver yang bisa digunakan, Anda bisa menggunakan satu mesin per balapan dan harganya mahal.

"Tahun depan kita punya tiga mesin per driver. Bagaimana Anda menghilangkan keinginan untuk mengatakan ‘Saya tidak peduli apakah itu tiga, saya punya uang untuk dibelanjakan jadi saya akan punya enam mesin?’ ”

"Salah satu cara untuk melakukannya adalah penalti grid. Mereka menghilangkan insentif untuk membelanjakan uang untuk pengembangan mesin.

"Jika ada cara yang lebih baik untuk melakukannya, saya akan sangat setuju. Ketika peraturannya sudah ditulis, itulah cara terbaik."

Terlepas dari frustrasi penggemar di media sosial soal penalti grid ini, direktur teknik Force India Andy Green yakin penurunan posisi start yang diakibatkan oleh hukuman tersebut pada akhirnya memberikan balapan yang menghibur.

Dia berkata: "Apa yang salah dengan penalti grid dan pencampuran grid? Itu adalah sesuatu yang selalu kami bicarakan, mencoba untuk membuat pertunjukan yang lebih baik.

"Anda baru saja memilikinya dan sekarang semua orang mengeluh bahwa grid berantakan, Jadi apa yang ada di pikiran Anda . Apa yang Anda inginkan? Siapa yang memenangi hari ini? (Daniel) Ricciardo [yang mengawali start di posisi 16 dan berhasil finis di posisi keempat di Monza] .

"Dari mana dia memulai balapan? Dia memulainya dari posisi bawah karena hukuman tersebut, dan itu jadi balapan terbaik sore ini, apakah itu salah, saya rasa tidak."

Artikel Tag: f1, Force India, penalti grid, GP Italia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/berita-f1-tim-force-india-yakin-penalti-turun-grid-jadikan-balapan-formula-1-lebih-adil
1432  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini