Berita F1: Didera Banyak Masalah, Haas Belum Menemui Titik Terang

Penulis: Ruddy
Rabu 05 Okt 2016, 09:10 WIB
Berita F1: Didera Banyak Masalah, Haas Belum Menemui Titik Terang

Romain Grosjean terlempar ke area bunker setelah rodanya terkunci akibat cakram remnya meledak.

Ligaolahraga – Pada gelaran GP Malaysia akhir pekan lalu, Haas mengalami beberapa insiden, yang menyebabkan kedua pebalapnya yaitu Romain Grosjean dan Esteban Gutierrez, harus DNF. Dua insiden itu, membuat Haas kehilangan kesempatan untuk meraih poin.

Grosjean mengalami masalah pada system pengereman mobilnya, sementara ban mobil Gutierrez terlepas pada saat balapan berlangsung. Meski memang kurang beruntung, namun bos tim, Gunther Steiner, tak mau menyalahkan ‘peruntungan’.

“Sulit rasanya untuk mengatakan kami kurang beruntung, karena itu selalu terdengar seperti alasan belaka,” ujar Steiner. Bos asal Austria itu, mengatakan jika kegagalan terjadi akibat kehilangan control timnya atas dua mobil yang berlaga di lintasan.

“Kami mencoba memahami semua permasalahannya. Kami menyebutnya ketidakberuntungan, tetapi tetap saja itu adalah kesalahan kami.”

Steiner mengatakan bahwa timnya akan terus menginvestigasi mengapa hingga dua insiden di atas bisa terjadi. Kasus Grosjean yang paling diperhatikan. Bagaimana mungkin cakram remnya bisa meledak di lap 8 GP Malaysia?

“Cakramnya mengalami kegagalan, cakramnya meledak, dan kami tidak tahu kenapa,” ucap Steiner. “Kami sudah mencoba untuk melihat data telemetri untuk mencari kemungkinan adanya goncangan, tetapi tidak ada jawaban memuaskan di sana.”

Steiner mengakui bahwa masalah pada cakram berada di luar kendalinya. Sebab, cakram itu adalah piranti yang didapatkan dari pihak ketiga.

“Kami tidak membuat cakramnya, jadi kami harus memberikannya pada supplier untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kami harus member mereka kesempatan yang adil untuk menganalisa mengapa hal itu bisa terjadi,” kata Steiner.

Khusus untuk insiden Gutierrez, Steiner mengatakan masih belum ada titik terang atas kejadian terlepasnya ban dari mobilnya. “Kami mengirim semuanya ke Italia untuk diteliti lebih lanjut. Masih terlalu dini untuk mengambil kesimpulan,” pungkas Steiner.

 

 

Artikel Tag: F1 2017, Formula 1, GP Malaysia, Haas, Ferrari, Romain Grosjean, Esteban Gutierrez, Gunther Steiner

783  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini