AlphaTauri Bakal Perkenalkan Mobil F1 2022 Pada 14 Februari

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 29 Jan 2022, 01:35 WIB
AlphaTauri, Yuki Tsunoda

Yuki Tsunoda

Ligaolahraga.com -

Berita F1: AlphaTauri bakal melakukan peluncuran mobil terbaru pada 14 Februari mendatang. Mereka pun menjadi tim kelima yang mengumumkan jadwal perkenalan mobil.

Lewat media sosial resmi AlphaTauri, tim yang bermarkas di Faenza, Italia, tersebut mengumumkan bahwa mereka bakal memperkenalkan sasis AlphaTauri AT03 pada Senin, 14 Februari. Namun, tim papan tengah itu tidak memberikan informasi lain terkait peluncuran mobil, seperti lokasi, bentuk acara launching (online ataukah bisa disaksikan langsung), dan lain sebagainya. 

Dengan pengumuman tersebut, AlphaTauri menjadi tim Formula 1 kelima – setelah Aston Martin ( akan launching pada 10 Februari), McLaren (11 Februari), Ferrari (17 Februari), dan Mercedes (18 Februari) – yang telah menetapkan jadwal perkenalan mobil baru.

Usai finis di peringkat keenam klasemen akhir konstruktor pada musim 2021, mereka berharap bisa memanfaatkan betul situasi persaingan pada F1 2022 yang bakal berubah drastis akibat regulasi baru. Salah satu upaya tim adalah mempertahankan komposisi pebalap. 

Pierre Gasly sukses menuai hasil terbaik sepanjang kariernya di kelas utama pada tahun lalu. Selain mampu mempersembahkan satu podium (P3 di GP Azerbaijan 2021), pebalap asal Prancis itu secara reguler sudah mampu menembus 10 besar di setiap sesi kualifikasi.

Musim lalu, performa sang tandeman, Yuki Tsunoda, memang naik-turun. Namun, rookie asal Jepang itu mampu finis di P14 klasemen akhir pebalap, lebih baik dibanding dua pebalap debutan lainnya yang membela Haas, Mick Schumacher dan Nikita Mazepin.

Salah satu problem AlphaTauri pada musim ini mungkin adalah pemasok mesin, sebab Honda memilih angkat kaki dari Formula 1 pada akhir 2021 lalu. Kendati begitu, di musim 2022 mereka akan memakai power unit (PU) yang identik dengan tim indukan, Red Bull Racing, yang kini menjalankan divisi power unit sendiri.

Seluruh tim Formula 1 akan mulai menurunkan mobil baru mereka untuk musim 2022 pada sesi tes pramusim pertama di Sirkuit Catalunya, Spanyol, selama tiga hari mulai 23 Februari.

Artikel Tag: AlphaTauri, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/alphatauri-bakal-perkenalkan-mobil-f1-2022-pada-14-februari
497  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini