Alfa Romeo Janji Bakal Promosikan Pebalap Didikan Ferrari

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 16 Jan 2022, 10:50 WIB
Alfa Romeo, Antonio Giovinazzi

Antonio Giovinazzi, Salah Satu Pebalap Jebolan Akademi Ferrari

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Setelah menuai kontroversi karena merekrut Guanyu Zhou di F1 2022, Alfa Romeo berjanji akan mempromosikan pebalap jebolan akademi Ferrari di masa mendatang.

Alfa Romeo mendapat kritikan dari banyak pihak setelah mendepak Antonio Gionvinazzi dan mendatangkan Guanyu Zhou. Pasalnya, pebalap rookie asal Cina tersebut merupakan didikan Alpine.

Untuk kali pertama, sejak tim tersebut menjadi pelanggan power unit Ferrari pada 2018, mereka tidak mempromosikan pebalap muda jebolan akademi Ferrari.

Bos Alfa Romeo, Frederic Vasseur, lalu angkat bicara dengan mengatakan bahwa timnya bakal menerima pebalap muda didikan Ferrari tergantung situasi dan kondisi.

“Bukan berarti kami memutuskan mengambil opsi lain, maka tidak akan ada kesempatan bekerja sama lagi dengan Ferrari lagi di masa depan,” kata Vasseur dikutip dari Motorsport.com.

“Itu harus berdasarkan kasus perkasus, karena kolaborasi pebalap, Anda tidak bisa rencanakan untuk 10 tahun ke depan dan mengatakan, ‘Ok, 10 tahun berikutnya, Anda akan mendapatkan seorang rookie.’ Ferrari tidak perlu punya pebalap (yang promosi ke F1) setiap tahun,” ia menjelaskan.

“Juga karena entry terbatas, mereka tidak punya pebalap setiap tahun. Kami perlu bekerja berdasarkan kasus perkasus, dan ini dipahami kedua belah pihak,” lanjutnya.

Bagi Charles Leclerc, tim yang dahulunya bernama Sauber itu punya peran penting dalam kariernya di ajang Formula 1. Pada tahun perdananya di kelas utama, ia berseragam Alfa Romeo.

Pada musim 2019, pebalap asal Monako itu lalu dipromosikan ke Ferrari. Kursinya di tim asal Swiss tersebut pun diserahkan kepada rekannya sesama anggota Akademi Balap Ferrari, Antonio Giovinazzi.

Selain keduanya, terdapat beberapa pebalap didikan Ferrari yang pernah merasakan kursi Alfa Romeo. Mick Schumacher pernah mengemudikan mobil mereka dalam sebuah pengujian. Putra legenda F1, Michael Schumacher, itu sempat diprediksi bakal membela tim tersebut, tapi ternyata ia lebih tertarik dengan tawaran Haas.

Runner-up F2 2020, Callum Ilott, juga pernah pernah berperan sebagai pebalap penguji sekaligus cadangan mereka.

Ferrari sendiri mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan menurunkan pebalap muda mereka dalam kejuaraan F2 2022. Ini artinya, Robert Shwartzman, bakal berada di luar trek dan fokus bekerja sebagai pebalap penguji mereka. Berdasarkan aturan terbaru, ia diperbolehkan untuk tampil dalam sesi latihan F1 dan dua kali mengaspal dalam sesi latihan bebas pertama setiap musim.

Artikel Tag: Alfa Romeo, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/alfa-romeo-janji-bakal-promosikan-pebalap-didikan-ferrari
487  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini