Alami Tren Buruk, Williams Racing Beri Gebrakan di F1 2021

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 07 Mar 2021, 22:55 WIB
Williams Racing

Williams Racing F1 2021

Berita F1: CEO Williams Racing, Jost Capito, menilai bahwa tak masalah bagi sebuah tim Formula 1 mengalami masa dimana performanya naik atau turun.

Williams sendiri merupakan salah satu tim F1 terbaik di era 90-an. Para pebalap terkenal seperti Nigel Mansell, Alain Prost dan Ayrton Senna pernah memperkuat tim ini.

Namun dalam satu dekade ini performa skuat asal Inggris ini semakin menurun, bahkan dalam beberapa musim terakhir mereka selalu berada di dasar klasemen konstruktor tanpa menorehkan satu poin pun.

Akan tetapi, kini skuad yang bermarkas di Oxfordshire itu bersiap mengarungi 2021 dengan perubahan manajamen tim. Dorilton Capital telah mengambil alih kepemimpinan Williams, kemudian Jost Capito resmi ditunjuk menjabat CEO, serta Simon Roberts sekarang menyandang status sebagai Team Principal.

“Williams Racing merupakan ikon olahraga, dan tim yang telah membangun reputasi sukses di F1 melalui determinasi dan ketabahan yang terkait dengan inovasi, ketrampilan balapan yang penuh semangat dan terampil serta keinginan mutlak untuk menang,” ujar Capito melansir dari Speedcafe.

“Pasang surut memang sudah jadi ciri khas dalam perjalanan tim olahraga lama dan kesuksesan bersejarah dapat menjadi motivasi yang kuat, namun tidak dapat diandalkan untuk menentukan kesuksesan masa depan di era modern Formula 1.”

Sebagai penanda babak baru Williams di bawah kepemimpinan Dorilton Capital, tim merombak total livery FW43B.

“Desain menggambarkan masa lalu kami yang luar biasa, sembari mempertahankan semangat, dorongan, dan motivasi yang tetap menjadi inti DNA Williams. Tetapi (kami) melihat ke masa depan dan menandai ambisi jangka panjang kami untuk kembali ke garis depan,” ucap Capito.

“Sementara kami baru memulai perjalanan ini dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, kami senang melihat momentum ke arah yang benar dan berharap untuk melanjutkan kemajuan di trek musim ini.”

Williams Racing telah mengonfirmasi akan bekerja sama lebih dekat secara teknis dengan Mercedes mulai 2022, yang mana tim bakal menggunakan lebih banyak komponen di luar power unit.

Williams sendiri kali terakhir meraih sukses juara dunia bersama Jacques Villeneuve pada 1997 silam. Sedangkan kemenangan terakhir tim dipersembahkan Pastor Maldonado di Grand Prix Spanyol 2012.

Tahun ini, Williams tetap menurunkan duet George Russell serta Nicholas Latifi, yang didukung Jack Aitken sebagai pebalap cadangan.

Artikel Tag: Williams Racing, F1 2021

779  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini